News

Pemerintah Klaim Sudah Kantongi Identitas Bjorka, Ini 3 Petunjuk Tentangnya

Identitas Bjorka

Bjorka sudah beberapa pekan ini “bermain” di ruang digital Indonesia, sejauh ini baru tiga petunjuk yang bisa menjelaskan sosoknya. Identitas Bjorka pun menjadi salah satu yang banyak dicari.

Bjorka sendiri dikenal setelah melakukan serangkaian aksi pencurian data. Mulai dari kebocoran data Indihome, kebocoran 1,3 miliar data SIM Card, doxing terhadap beberapa pejabat negara, hingga komentar-komentara di Twitter dan Telegram.

3 Petunjuk Identitas Bjorka

Mengenai motifnya, Bjorka menjelaskannya lewat Twitter.

this is a new era to demonstrate differently. nothing would change if fools were still given enormous power. the supreme leader in technology should be assigned to someone who understands, not a politician and not someone from the armed forces. because they are just stupid people,” tulis dia.

(ini adalah era baru untuk berdemo dengan cara berbeda. Tidak ada yang akan berubah jika orang bodoh masih diberi kekuatan yang sangat besar. Pemimpin tertinggi dalam teknologi harus ditugaskan kepada seseorang yang mengerti, bukan politisi dan bukan seseorang dari angkatan bersenjata. karena mereka hanyalah orang-orang bodoh).

Lihat Juga: Siapa Hacker Bjorka Dan Kenapa ‘Serang’ Indonesia?

1. Mengaku Asal Polandia

Petunjuk identitas Bjorka yang pertama yaitu terkait tempatnya berasal. Ia menyebut dirinya berasal dari Warsawa, Polandia.

Akun Twitter pribadinya yang kini telah ditangguhkan menunjukkan informasi pada profil berupa frasa “yea catch me if you can. email: [email protected]”.

Dia tercatat baru bergabung mulai September 2022 dan berlokasi di Warsaw, Polandia. Bjorka hanya mengikuti satu akun dan memiliki lebih dari 183.000 pengikut.

Meski begitu, lokasi yang tercantum tersebut hanyalah sekedar klaim dari sang pembuat akin, sehingga belum bisa dikonfirmasi.

Di grup Telegram miliknya, Bjorka tengah mencari penerjemah yang mampu berbahasa Inggris, Polandia dan Indonesia.

2. Baru Sebulan Bergabung di Breach Forum

Petunjuk kedua identitas Bjorka yakni di laman breached.to alias breach forum yang memperlihatkan sang peretas baru bergabung ke situs ini selama satu bulan.

Dengan status gender undisclosed (rahasia), ia tercatat bergabung pada 9 Agustus 2022. Sementara waktu onlinenya, per Rabu (14/9/2022) siang diketahui hanya 1 hari, 15 jam, 49 menit.

Meski masih baru, reputasinya sudah mendapatkan 573 dengan bintang enam. Di forum itu, Bjorka telah membocorkan data pelanggan Tokopedia, SIM Card dan Wattpad.

3. Punya Teman dari Indonesia

Ketiga, Bjorka mengaku memiliki teman dari Indonesia. Ini menjadi salah satu alasannya menyerang ruang digital RI.

Lihat Juga: Kominfo Dapat Pesan Pedas dari Hacker Bjorka: “Berhenti Jadi Idiot!”

Lewat akun Twitter pertamanya @bjorkanisme, yang saat ini sudah di-suspend, ia sempat mengaku memiliki hubungan emosional dengan Indonesia karena seorang temannya di Polandia menjadi korban kebijakan RI pada masa lalu.

Itulah tiga petunjuk identitas Bjorka sejauh ini. Tim gabungan yang dibentuk untuk mengusut aksi dugaan pembobolan data oleh Bjorka sendiri masih terus bergerak. Sementara Menko Polhukam Mahfud MD mengklaim Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri telah mengidentifikasi identitas Bjorka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top