News

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 2021 Jatuh Pada 13 April

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 2021 Jatuh Pada 13 April

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021. Penetapan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat yang turut dihadiri oleh sejumlah ormas Islam hingga ahli astronomi.

Sidang isbat dilakukan di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (12/4/2021). Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi, sidang isbat pun dihadiri secara terbatas. Sedangkan, sejumlah undangan lain mengikuti sidang isbat secara daring.

Sidang isbat dipimpin langsung oleh Yaqut Cholil Qoumas, selaku Menteri Agama RI. Selain itu, hadir pula pimpinan MUI, Komisi VII DPR, sejumlah ormas Islam, hingga ahli astronomi.

“Keputusan dari sidang isbat tadi tidak ada perbedaan, tidak ada dissenting opinion disetujui dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021 Selasa esok pagi. Maka malam ini sudah dapat melaksanakan salat Tarawih, nanti kita sahur. Usai Subuh kita mulai menjalankan ibadah puasa,” tutur Yaqut.

Sidang isbat hari ini dimulai dengan penjelasan terkait posisi hilal oleh Lembaga Falakiyah Kementerian Agama. Direktur Urusan Agama Islam Kementerian Agama, Agus Salim, sebelumnya menuturkan pihaknya akan menerjunkan sejumlah pemantau hilal di 86 lokasi di seluruh provinsi Indonesia. Pemantau hilal tersebut berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dari sejumlah kabupaten atau kota beserta ormas Islam.

Laporan terkait hilal awal Ramadhan 2021 disampaikan oleh anggotn Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, Cecep Nuwendaya. Hilal telah tampak di sejumlah wilayah Indonesia.

“Terdapat referensi kalau hilal awal Ramadhan 1442 H hari Senin, tanggal 12 April 2021, bisa teramati dari wilayah Indonesia,” ujar Cecep.

Menurutnya, ijtimak terjadi pada Senin (12/4/2021) sekitar pukul 09.31 WIB. Ketika matahari terbenam, lanjutnya sudah terjadi ijtimak atau konjungsi di seluruh Indonesia.

Lihat Juga: Kapan Awal Puasa 2021? Begini Cara Menentukan Awal Ramadhan

“Hilal awal Ramadhan telah cukup tua, umurnya melebihi 8 jam. Di Indonesia hilal terletak pada posisi signifikan untuk disaksikan,” ucapnya.

“Untuk di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Pelabuhan Ratu, letak hilal ketika terbenamnya matahari pada posisi 3,59 derajat dengan umur bulan 8 jam 23 menit, 12 detik,” tambah Cecep.

Sidang penetapan 1 Ramadhan 2021 kemudian dilakukan secara tertutup, tamu undangan bisa mendengarkan laporan dari tim rukyat. Selanjutnya, sejumlah ormas Islam dan tamu undangan lainnya berdiskusi bersama Kementerian Agama untuk memastikan 1 Ramadhan 1442 H.

To Top