News

Pemilu Curang, Amien Rais Serukan People Power

Pemilu Curang, Amien Rais Serukan People Power

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono angkat bivara soal pernyataan Amien Rais terkait untuk tidak perlu membawa perkara Pemilu ke lembaganya. Sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN itu dianggap masuk dalam kategori Contempt of Court dengan kata lain meremehkan martabat dan kehormatan sebuah lembaga peradilan.

Bahkan sikap tersebut bisa dikategorikan sebagai sebuah penghinaan serius. Amien dalam pernyataannya dianggap menafikan kerja keras MK sebagai lembaga peradilan yang selama ini tengah berusaha menguatkan kepercayaan publik.

“Pernyataan itu, selain dapat dikategorikan sebagai Contempt of Court terhadap MK sebagai lembaga peradilan, juga telah menafikkan kerja keras seluruh komponen MK selama ini untuk menguatkan kepercayaan publik terhadap MK,” ungkap Fajar saat dikonfirmasi, Senin (1/4).

Fajar juga mengaku sangat menyesalkan pernyataan Amien, itu lantaran menyiratkan membawa perkara kecurangan Pemilu ke MK tidak lagi ada gunanya. Padahal, publik mengetahui bahwa Amien Rais pernah memimpin MPR RI ketika melakukan perubahan atas Undang-Undang Dasar 1945. 

“Termasuk di dalamnya menggagas dan mengesahkan pembentukan MK dengan segenap kewenangannya. Salah satu kewenangan MK ialah memutus sengketa hasil Pemilu,” tuturnya.

Fajar juga tak memahami, mengapa Amien dengan semua keterlibatannya itu bisa berucap demikian. MK sangat menyesalkan pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu.

“Ini yang membuat kita sulit mengerti logika berpikirnya, dan tentu saja menyesalkan pernyataan tersebut,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan, pihaknya akan menyiapkan aksi massa besar jika sampai muncul dugaan kecurangan dalam pilpres 2019. Mantan Ketua MPR itu bahkan sudah enggan melapor pada Mahkamah Konstitusi (MK) karena lebih memilih people power.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita enggak akan ke MK. Enggak ada gunannya, tapi kita pilih people power, karena itu sah,” kata Amien

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top