News

Pengakuan Freddy Budiman Adanya Orang Kuat dan Uang Setor Kepada Pejabat

Tim Independen Polri Periksa Adik Freddy Budiman

Pengakuan Freddy Budiman terkait adanya orang kuat dan ‘uang setor’ kepada pejabat di balik jalannya bisnis narkoba kemungkinan benar adanya.

Peneliti Indonesia Legal Rountable (ILR) Erwin Natosmal Oemar mengatakan (29/7), “Menurut saya, testimoni itu ada benarnya jika melihat akses yang dimiliki Freddy Budiman. Freddy tidak akan mungkin bisa seluasa itu tanpa bermain dengan oknum penegak hukum.”

Oemar menambahkan, jika melihat leluasanya Freddy Budiman ‘Gembong Narkoba’ menjalankan bisnis haramnya walaupun Freddy berada di penjara.

Pakar hukum Universitas Prahayangan mengemukakan bahwa apa yang dikatakan Freddy harus mendapat perhatian dari pimpinan Polri.

Tidak hanya itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, harus melakukan pendalaman guna mengungkap benar atau tidaknya pernyataan Freddy tersebut.

Haris Azhar selaku Koordinator KontraS dalam pesan singkatnya menceritakan Freddy Budiman dalam pertemuan dengan dirinya pernah mengungkapkan dirinya memberi sejumlah uang kepada BNN ‘Uang Setor’ untuk bisnis narkoba yang dijalankan Freddy.

“Dalam hitungan saya selama beberapa tahun kerja menyelundupkan narkoba, saya sudah memberi uang Rp 450 miliar ke BNN,” dan “Saya sudah kasih Rp 90 miliar ke pejabat tertentu di Mabes Polri.” Kata Freddy kepada Haris.

Haris yang menuliskan apa yang disampaikan Freddy Budiman dan beredar luas di media sosial.

“Saya menggunakan mobil TNI bintang dua, dimana Jenderal duduk disamping saya ketika saya mengemudi mobil tersebut dari Medan – Jakarta dengan kondisi mobil tersebut penuh dengan narkoba. Perjalanan saya aman tanpa gangguan apapun.”

Selain itu, BNN pernah diberitahu oleh Freddy Budiman tentang keberadaan pabrik narkoba yang berada di Cina.

Keuntungan penjualan dari Bisnis Narkoba tersebut, Freddy mengatakan bahwa dirinya dapat membagi-bagi uang puluhan miliar rupiah kepada sejumlah pejabat di institusi tertentu, BNN termasuk Mabes Polri untuk mengamankan bisnis narkobanya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top