News

Pengunduran Diri Miftachul Akhyar Ditolak, Masih Menjabat Ketua Umum MUI 2020-2025

Pengunduran Diri Miftachul Akhyar Ditolak, Masih Menjabat Ketua Umum MUI 2020-2025

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan Miftachul Akhyar masih menjabat sebagai Ketua Umum MUI 2020-2025 setelah forum rapat pimpinan (Rapim) MUI menolak pengunduran dirinya secara aklamasi. Rapim MUI pada Selasa (15/3/2022), membahas soal surat pengunduran diri Miftachul dari posisinya MUI. Keputusan akhir MUI berikutnya bakal diumumkan saat rapat pleno.

"Secara aklamasi dan mufakat beliau diputuskan tetap sebagai ketua umum. Artinya permohonan mundur sebagai ketum MUI tidak terima atau ditolak karena amanah Munas MUI X beliau memimpin MUI 2020- 2025," ucap Amirsyah mengutip laman CNNIndonesia, Rabu (16/3/2022).

Lihat Juga: Heboh Tagar Bubarkan MUI, Jubir Wapres Bersuara

Amirsyah menuturkan majelis pimpinan MUI menilai Miftachul sebagai ulama yang rendah hati dan mengayomi sebagai pemimpin umat masih dibutuhkan, terutama untuk mempersatukan umat di tengah pemulihan ekonomi saat ini. Baik pada posisinya di MUI maupun Rais Aam PBNU.

"Semoga Allah menyelamatkan bangsa Indonesia dari persoalan ekonomi, politik sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai dan sukses," ujarnya.

Meski begitu, Amirsyah menyebut bahwa nantinya keputusan final terkait pengunduran diri Miftachul Akhyar bakal dibicarakan di forum Rapat Pleno. Hal tersebut sesuai dengan peraturan organisasi MUI.

Waketum MUI: Rapim Soal Pengunduran Diri Miftachul Akhyar Sudah Digelar

Terpisah, Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Suhud menyampaikan pihaknya telah mengadakan Rapim MUI terkait pengunduran diri Miftachul. Walau begitu, Marsudi mengatakan bahwa keputusan akhir terkait pengunduran diri tersebut baru diputuskan pada Rapat Pleno MUI.

“Iya laporan aja. Ini ada begini, ada surat gitu. Baru laporan. Setelah Rapim dibawa ke rapat pleno. Kapannya [Rapat Pleno] sekjen yang tahu. Ini kan nanti rapatnya pleno," kata dia.

Lihat Juga: Profil KH Miftachul Akhyar, Rais Aam PBNU 2021-2026

Sekedar informasi, sebelumnya Miftachul Akhyar sudah menyatakan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Ketua Umum MUI ketika memberi pengarahan di Rapat Gabungan Syuriyah-Tanfidziyah PBNU di Universitas Unusia Parung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/3/2022). Selain Ketua Umum MUI, ia juga menduduki jabatan Rais Aam PBNU.

Alasan pengunduran diri tersebut karena forum ahlul halli wal aqdi (Ahwa) Muktamar ke-34 Nu mengamanatkan tidak memperbolehkan rangkap jabatan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top