News

Pernikahan Gay Thailand Dihujat Netizen Indonesia, Pengantin Tempuh Jalur Hukum

Pernikahan Gay Thailand Dihujat Netizen Indonesia, Pengantin Tempuh Jalur Hukum

Sebagian warganet Indonesia ramai menghujat pasangan gay dari Thailand, Bas dan Smile yang baru saja menikah. Namun, sebagian netizen Indonesia lainnya meminta maaf atas perlakuan ini hingga menjadi trending Twitter.

Di daftar trending topic Twitter Indonesia, ada #IndonesiaSaySorryforThailand, selain itu ada pula beberapa hashtag lain berbahasa Thailand berkaitan dengan masalah yang sama.

Sebelumnya, diberitakan pernikahan pasangan gay bernama Bas dan Smile yang menjadi viral. Mereka menikah dengan restu keluarga, namun netizen asal Indonesia ramai-ramai menghujatnya di Facebook pasangan tersebut.

Masyarakat di Thailand umumnya menerima komunitas LGBTQ, jadi bukan hal aneh jika Bas dan Smile menikah. Begitu pula dengan pasangan LGBT lainnya di negara itu yang terang-terangan melangsungkan upacara pernikahan.

Sebagian warganet Indonesia yang menganggap pernikahan ini tak pantas, terpancing untuk menyerang pasangat tersebut. Tidak sedikit netizen Indonesia yang berkomentar menggunakan kata-kata kasar, bahkan Bas dan Smile mendapat ancaman kematian. Pasangan itu akhirnya buka suara di akun Facebooknya terkait bully yang dilakukan oleh netizen Indonesia terhadap mereka.

“Saya diam selama ini sementara beberapa orang Indonesia menghina kami tanpa berhenti selama 3 hari berturut-turut. Saya tak pernah menjawab dan berpikir mereka bakal berhenti dalam beberapa hari. Tapi komentar mereka lebih keras, mengancam, menakut-nakuti kami. Tapi orang-orang yang saya cintai berusaha melindungi kami, misalnya orangtua, bibi, kerabat dan kawan-kawan saya,” tulis Smile di akun Instagramnya.

Melaporkannya Ke Ranah Hukum Thailand

Setelah mendapat banyak komentar bernada ancaman dari netizen Indonesia, Smile akhirnya melaporkan kasus ini ke ranah hukum. Ia hingga meminta bantuan hukum ke seorang pengacara bernama Ronnarong Kaewpetch karena telah mendapat ancaman pembunuhan yang bukan hanya ditujukan pada dirinya, tapi juga orangtua, hingga fotografer pernikahan mereka.

Pengacara asal Network of Campaigning for Justice itu menuturkan bahwa netizen Indonesia yang berkomentar tak pantas di akun Facebook pasangan Thailand ini tidak akan diterima di Thailand.

“Orang Indonesia, jangan mengira kalian ada di sana, dan saya tak dapat berbuat apapun. Anda yang masuk Thailand, saya bakal minta polisi menunggu dengan surat perintah penangkapan terhadap anda,” tutur Ronnarong.

Di laman Facebooknya, Smile mengungkapkan kekecewaannya terhadap netizen Indonesia yang turut mengancam keluarga mereka. Smile mengkritik tindakan para netizen Indonesia yang dinilai sangat brutal.

To Top