News

Pertemuan Jokowi dan Zelensky di Ukraina, Ini 4 Poin yang Dibicarakan

Pertemuan Jokowi dan Zelensky di Ukraina

Setelah melakukan perjalanan hampir 13 jam menggunakan kereta api dari Polandia, Presiden Joko Widodo akhirnya tiba di Ibu Kota Ukraina, Kyiv. Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky. Pertemuan Jokowi dan Zelensky itu terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat, pada Rabu (29/6/2022)

“Setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan tete-a-tete,” bunyi pernyataan Setpres.

Lihat Juga: Jokowi Diminta Aktif Akhiri Konflik Rusia-Ukraina

Hasil Pertemuan Jokowi dan Zelensky

Jokowi sempat mengunjungi Kota Irpin dan sebuah rumah sakit yang merawat para korban perang di Kyiv. Selama pertemuan Jokowi dan Zelensky tersebut, setidaknya ada empat hal utama yang dibicarakan. Berikut rangkumannya:

1. Dorong Perdamaian

Misi utama kunjungan Jokowi ke Ukraina yaitu mendorong perdamaian antara Kyiv dengan Moskow. Terlepas dari invasi Rusia yang semakin menggila yang sudah berlangsung empat bulan lebih, Jokowi menilai dialog perdamaian tetap jadi urgensi penyelesaian konflik kedua negara.

“Meskipun sangat sulit dicapai, saya menyampaikan pentingnya resolusi perdamaian,” kata Jokowi setelah bertemu Zelensky.

Lihat Juga: Jokowi ke Ukraina, Tempuh Perjalanan 11 Jam dengan Kereta Api

2. Sampaikan Pesan untuk Putin

Jokowi menawarkan diri untuk membawakan pesan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin. Setelah berkunjung ke Ukraina, Jokowi memang akan langsung ke Rusia untuk bertemu dengan Putin.

“Dalam kaitan ini (mendorong perdamaian), saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” ujar Jokowi dalam pernyataan pers bersama Presiden Zelensky seperti melansir Reuters.

Meski demikian, tidak jelas apa tanggapan Zelensky terhadap Jokowi usai Presiden RI mengatakan hal tersebut. Tidak diketahui juga apakah Zelensky menitipkan pesan untuk Putin.

3. Hadir di KTT G20 Bali

Dalam pertemuan Jokowi dan Zelensky itu, Indonesia juga mengundang Ukraina untuk menghadiri pertemuan puncak (KTT) G20 yang digelar di Bali pada November 2022 nanti.

Zelensky pun menerima undangan tersebut dan bersedia hadir. Walaupun begitu, ia masih mempertimbangkan kehadirannya tergantung tamu yang bakal hadir. Mengacu kehadiran Presiden Vladimir Putin.

Lihat Juga: Jokowi Undang Ukraina dan Rusia ke KTT G20 Bali, Putin Dikonfirmasi Hadir

” Tentu saja saya menerima undangan itu. Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di negara itu dan pada komposisi peserta KTT,” ucap Zelensky setelah pertemuan.

4. Harga Pangan dan Energi

Kenaikan harga pangan dan energi akibat perang Rusia vs Ukraina juga jadi topik pembicaraan dalam pertemuan Jokowi dan Zelensky.

Sebelum perang pecah pada 24 Februari 2022, Ukriana merupakan salah satu importir gandung terbesar bagi Indonesia. Namun, karena blokade di wilayah laut Rusia dna Ukraina, pasokan gandung Ukraina yang melewati Laut Hitam terhenti sehingga mengancam krisis pangan dunia.

Jokowi mengatakan ia berkomitmen mengatasi melonjaknya harga dan kekurangan pangan hingga energi sejak invasi tersebut.

“Semua upaya harus dilakukan untuk memastikan Ukraina dapat melanjutkan ekspor makanan,” kata Jokowi di Kyiv.

Ia juga menegaskan perlunya jaminan keamanan terhadap pengiriman makanan Ukraina, terutama via laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × five =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top