News

Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Petugas Tak Temukan Tanda-tanda Korban Selamat

Pesawat China Eastern Airlines Jatuh

Pesawat milik maskapai China Eastern Airlines jenis Boeing 737-800 jatuh di Guangxi, China bagian selatan, dilaporkan telah ditemukan dalam kondisi hancur. Foto dari lokasi memperlihatkan puing-puing pesawat yang salah satunya diduga merupakan bagian sayap, tersebar di lereng gunung.

Pesawat dengan nomor penerbangan MU5735 yang mengangkut 132 orang tersebut jatuh saat mengudara dari Kunming dengan tujuan Guangzhou pada Senin (21/3/2022) waktu setempat.

Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC) menyebut pesawat tersebut jatuh di dekat kota Wuzhou, Guangxi. Setelah lebih dari 18 jam setelah pesawat hilang kontak, otoritas terkait belum juga mengumumkan jumlah korban tewas akibat peristiwa ini.

Media lokal China melaporkan petugas penyelamat mengatakan pesawat sudah hancur dan menyebabkan kebakaran yang menghanguskan hutan bambu di area pegunungan itu.

Lihat Juga: Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Sementara itu, berdasarkan situs pelacakan penerbangan FlightRadar24 diketahui pesawat terbang di ketinggian 29.000 kaki dengan kecepatan 455 knot saat tiba-tiba menukik tajam dan cepat sekitar pukul 12.20 waktu setempat.

Peawat China Eastern Airlines disebut jatuh dari ketinggian 7.400 kaki sebelum kembali naik ke ketinggian 1.200 kaki dan kembali menukik. Transmisi data pesawat berhenti sekitar 96 detik setelah mulai terjatuh.

China Eastern Airlines Hentikan Penerbangan Seluruh Armada Boeing 737-800

Maskpai China Eastern Airlines menghentikan penerbangan seluruh armada boeing 737-800 setelah insiden ini. Media setempat melaporkan bahwa maskapai itu saat ini menghentikan sementara seluruh pesawat jenis 737-800.

Lihat Juga: Tipe Orang Ketika Delay Pesawat

Selain itu, maskapai juga menyebut sedang mengumpulkan informasi mengenai kecelakaan pesawat tersebut. Sebelumnya, pada laporan Januari lalu perusahaan mengatakan memiliki 289 pesawat boeing 737 yang berkekuatan 751 orang.

Tidak Ditemukan Tanda-tanda Penumpang Selamat

Petugas penyelamat berhasil menemukan serpihan-serpihan pesawat jatuh. Namun berdasarkan laporan media Shanghai, People’s Daily, yang mengutip pejabat departemen pemadam kebakaran provinsi setempat menyampaikan bahwa tak ada tanda-tanda selamat dalam kecelakaan pesawat itu.

Lihat Juga: Tips Traveling Bersama Bayi Menggunakan Pesawat

Dari rekaman video CCTV terlihat pesawat China Eastern Airlines terjun menukik secara vertikal di kawasan Pegunungan Guangxi, China Selatan. Hingga kini, petugas masih mengumpulkan data-data yang diperlukan namun belum bisa mengonfirmasi penyebab kecelakaan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top