News

Pilot Pesawat Citilink Meninggal Dunia Setelah Mendarat Darurat di Juanda

Pilot Pesawat Citilink Meninggal

Pesawat Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG307 mendarat darurat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (21/7/2022) pagi. Pesawat tersebut seharusnya menempuh rute Surabaya-Ujung Pandang atau Makassar.

Humas PT Angkasapura I Bandara Internasional Juandara Yuristo Ardi Hanggoro pun mengonfirmasi kejadian itu. Penyebab nya, pilot pesawat tersebut dilaporkan mendadak mengalami gangguan kesehatan sesaat setelah terbang.

Awalnya, pesawat Citilink tersebut take off pukul 06.10 WIB dan kembali ke bandara pukul 06.56 WIB setelah pihak bandara menerima permintaan emergency.

“Kami mendapat report ada permintaan emergency landing dari Citilink QG307 Surabaya-Makasar karena pilot incapacity (sakit di atas pesawat),” ungkap Yuristo.

Namun Yuristo tak menjelaskan terkait sakit yang dialami oleh pilot pesawat Citilink tersebut.

“Sudah ditangani KKP Juanda,” kata dia.

Pilot Pesawat Citilink Meninggal Dunia

Secara terpisah, melalui keterangan resmi, Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai menyampaikan pilot pesawat Citilink QG307 tersebut meninggal dunia.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia,” ucap Dewa.

Ia mengatakan, penerbangan QG307 rute Surabaya-Ujung Pandang itu berangkat sesuai jadwal, yakni pukul 06.00 WIB. Tetapi, setelah sekitar 15 menit terbang, pesawat tersebut kembali mendarat di Bandara Juanda, Surabaya.

“Dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan. Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat,” jelasnya.

Lihat Juga: Super Air Jet, Maskapai Baru Tanah Air Yang Menargetkan Para Milenial

Dewa menuturkan saat itu petugas darat dan seluruh stakeholders di Bandara Juanda sudah menyiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan yang sangay baik dan cepat. Selain itu, pilot juga ditangani oleh pihak dokter dari rumah sakit terdekat.

“Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku,” tutur Dewa.

“Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan,” sambungnya.

Bukan saja melakukan penanganan pada pilot pesawat Citilink QG307, petugas maskapai di Surabaya juga langsung memberikan penjelasan dan menginformasikan kepada penumpang terkait masalah tersebut.

Untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang, Citilink kemudian mengganti pesawat dan seluruh crew. Penerbangan tersebut lalu kembali dilanjutkan pada pukul 10.46 WIB.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top