News

PKB Buka Peluang Duet Cak Imin dan AHY, PD Sambut Baik

PKB Buka Peluang Duet Cak Imin-AHY, PD Sambut Baik

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka kemungkinan duet Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini disampaikan lansung oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

Jazilul mengatakan dirinya mendapatkan masukan dari sejumlah pihak bahwa duet Cak Imin-AHY patut dipertimbangkan.

“Saya pun dapat masukan, duet Cak Imin-AHY juga bagus dan fresh. Duet sipil-militer, religious-nasionalis. Namun semua itu tergantung respons dari masyarakat,” kata Jazilul, Kamis (3/62021).

Jazilul menilai masyarakat saat ini membutuhkan pemimpin yang ‘fresh’ dan memberikan harapan terbaik untuk banga dan negara. Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga membutuhkan pemimpin yang gemar turun tangan menangani persoalan sulit.

“Hemat saya, masyarakat perlu sesuatu yang fresh, yang berikan harapan dan mau turun tangan mengatasi keadaan yang serba sulit ini,” tegasnya.

Kendati begitu, Jazilul menegas Cak Imin selaku Ketua Umum PKB belum mengambil suatu keputusan terkait Pilpres 2024. Meski, desakan dari masyarakat terus menguat.

“Pilpres masih jauh, itu semua baru usulan dan wacana. Semoga kemungkinan bisa terjadi. Cak Imin juga belum ambil keputusan, masih pikir-pikir. Meskipun desakan dari bawah makin kuat. Kita ikuti saja dinamikanya,” sambung politikus PKB itu.

Respons PD Soal Peluang Duet Cak Imin dan AHY

Di sisi lain, Partai Demokrat (PD) merespons positif terkait terbukanya peluang duet antara Cak Imin dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2024 mendatang. PD menyebut PKB seperti saudara kandung.

“Dua partai ini seperti saudara kandung. Saudara kandung yang punya banyak sejarah kebaikan,” ucap Kepala Bappilu PD Andi Arief, Kamis (3/6/2021).

Andi Arief memastikan PD dan PKB bisa berkoalisi jika kedua pihak menginginkan itu. Lebih lanjut, kata dia, PD dan PKB memiliki karakter yang sama, yakni nasionalis dan religious.

“Jadi kapan pun, dua partai ini pasti bisa berkoalisi. Sama-sama nasionalis dan sama-sama religious serta di seluruh struktur partainya aktif menjalin silaturahmi,” papar dia.

Wasekjen Partai Demokrat Irwan juga menyambut baik terkait terbukanya peluang duet Cak Imin-AHY di Pilpres 2024 mendatang. PD dan PKB, kata Irwan, memiliki ‘jejak langkah’ yang harmoni dalam menebar kebaikan di tengah masyarakat.

“Tentu, kami sangat senang dan menyambut baik peluang koalisi dari sahabat kami PKB. Jejak langkah Demokrat dan PKB sangat penuh dengan sejarah keharmonian dan maslahat untuk rakyat,” kata Irwan, Kamis (3/6/2021).

Irwan kemudian mengungkit masa perjuangan antara PD dan PKB di Pilkada terakhir. Dia menegaskan partainya sangat terbuka untuk ‘bergandengan tangan’ dengan partai yang dikomandoi Cak Imin itu.

“Di Pilkada lalu pun Demokrat dan PKB banyak bersama-sama dalam berjuang memenangkan kader menjadi kepala daerah. Jadi, sejatinya kapan pun Demokrat dan PKB sangat terbuka peluang bersama berjuang untuk rakyat,” tambahnya.

PKB Juga Buka Peluang Duet Cak Imin-Puan Maharani

Untuk diketahui, PKB juga membuka peluang duet antara Cak Imin dan Puan Maharani dari PDIP. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza belum lama ini.

“Iya, (koalisi dengan PDIP). Mbak Puan-Gus AMI,” kata Faisol.

Faisol membeberkan alasan partainya kembali berkoalisi dengan PDIP di 2024 mendatang. Dia menilai kerja sama koalisi PKB dan PDIP sejauh ini berhasil.

“Memiliki kesamaan pandangan dalam kebangsaan. PDIP pemenangan Pemilu 2019 sehingga bisa membuat koalisi pemerintahan yang kuat dan efektif. Terbukti kerja smaa koalisi selama dua masa pemerintahan ini berhasil,” terangnya.

To Top