News

PKS Soroti Proyek IKN: Bahaya Kalau Dikebut!

PKS Soroti Proyek IKN: Bahaya Kalau Dikebut!

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyoroti proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang disebutnya seperti kisah Roro Jonggrang. Mardani menilai pembangunan IKN justru berbahaya terhadap kualitas jika dikebut.

“IKN proyek Roro Jonggrang. Tantangan anggaran, problem lingkungan hingga memastikan IKN tidak mangkrak. Roro Jonggrang artinya mau dikebut. Mau semua segera selesai. Berbahaya terhadap kualitas,” kata Mardani, Jumat (18/2/2022).

Mardani kemudian menyoroti perihal Kepala Otorita IKN yang mana harus berkarakter tegas, berani dan kolaboratif. Dia memastikan pihaknya akan terus mengawal semua proses ini.

“Karakter pimpinan yang decisive (tegas), kolaboratis hingga punya keberanian mengusulkan program yang tidak business as usual. Siapa namanya, monggo haknya pak Jokowi. PKS tetap mengawal dengan sikap kritis dan konstruktif,” sambungnya.

Mardani meminta Kepala Otorita segera diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) meski di awal PKS menolak UU IKN. Dia kembali menegaskan akan mengawal proyek pembangunan IKN hingga tuntas.

“Walau PKS menolak UU IKN, karena sudah disahkan, monggo diputuskan segera. Kami akan kawal di parlemen, baik pusat maupun daerah,” tegas anggota Komisi II DPR RI itu.

Siapa Calon Kepala Otorita IKN?

Terkait calon Kepala Otorita IKN, siapa yang paling pantas menduduki jabatan itu? Sejauh ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menyebutkan secara pasti siapa calon pemimpin IKN yang akan ditunjuknya.

Namun, Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno berspekulasi ada dua nama yang sangat memungkinkan. Siapa mereka?

“Presiden bilang calon kepala IKN adalah kepala daerah berlatar belakang arsitek. Di situlah muncul nama RK menguat. Kalau mau dispekulasikan sepertinya ada dua nama yang menguat, Ridwan Kamil dan Bambang Brodjo (Bambang Brodjonegoro – mantan Menristek),” papar Adi, Jumat (18/2/2022).

Adi menjelaskan alasan Ridwan Kamil sangat mungkin menjadi Kepala Otorita. Namun, menurut dia, adalah sesuatu yang berat bagi Ridwan Kamil hengkang dari jabatannya saat ini yakni sebagai Gubernur Jawa Barat.

“RK masuk nominasi karena latar belakangnya sebagai arsitek dan bisa bawa Jabar berkembang dengan baik. Problemnya, bagi RK tak mudah meninggalkan Jawa Barat karena takut dituding khianati rakyat jadi gubernur tak sampai tuntas. Termasuk RK bisa kehilangan panggung politik jika urus Ibu Kota baru yang masih memulai dari nol,” jelas dia.

Adi juga memaparkan alasan Bambang Brodjonegoro juga berpeluang menjadi calon Kepala Otorita IKN. Dia menyebut mantan Menristek itu sempat digaransi akan menjadi Kepala Otorita IKN.

“Bambang Brodjo juga masuk nominasi. Senior, berpengalaman, sempat dipercaya betul jadi Menristek. Bahkan setelah tak jadi menteri, ada gosip angin bahwa Bambang Brodjo digaransi sebagai Kepala IKN,” terangnya.

Jokowi Sudah Kantongi Nama Kepala Otorita IKN

Presiden Jokowi sendiri dikatakan telah mengantongi nama Kepala Otorita IKN. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim.

“Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo,” kata Luqman, Jumat (18/2/2022).

Menurut Luqman, pemimpin IKN yang akan ditunjuk adalah orang yang dipercaya Jokowi. Dia menyebut orang tersebut sering dimintai masukan dan pertimbangan oleh Jokowi.

“Calon Kepala Otorita yang akan diumumkan merupakan salah satu tokoh yang dipercaya Presiden Jokowi. Sehingga sering diminta memberi masukan dan pertimbangan oleh Presiden. Kapan diumumkan, saya kira Presiden Jokowi sedang menunggu hari baik,” tegasnya.

Luqman memastikan Jokowi serius dalam melancarkan agenda pembangunan IKN. Termasuk juga, kata dia, memilih Kepala Otorita yang tepat.

“Setahu saya, Presiden Jokowi sangat fokus agenda pembangunan IKN Nusantara. Termasuk mempersiapkan figur yang akan ditunjuk sebagai Kepala Otorita,” tambah dia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top