News

Polisi Gadungan Berhasil Tipu 20 Orang

Pria Bersenjata Menembak Ulama Usai Shalat

AKP Joni Surya Nugraha selaku Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota menangkap seorang anggota Polri gadungan berpangkat AKBP berinisial ED (40).

Polisi gadungan tersebut telah menipu 20 orang lebih dan tersangka sudah diamankan. Joni Surya mengatakan (19/5), “Hingga saat ini sudah terdapat puluhan korban yang melapor ke Mapolres Sukabumi Kota untuk kasus penipuan yang dilakukan ED, tapi baru tiga korban yang sudah membuat laporan polisi.”

Tersangka ditangkap di kamar kos-nya di Gang Oyo Sukabumi. Tidak menutup kemungkinan korban akan terus bertambah.

Tersangka melakukan penipuan tersebut dengan modus berpura-pura menjual smartphone dengan harga murah, mencari hewan peliharaan untuk atasannya, sampai dapat meloloskan seorang menjadi anggota bintara polri.

Rata-rata korban mengalami kerugian sekitar sebesar Rp 2 Juta sampai belasan juta rupiah. Polisi gadungan tersebut dalam melakukan aksinya selalu membawa pistol mainan dan menggunakan ID Card kepolisian dan kemeja safari.

Joni S menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih mengembangkan kasus penipuan dengan berkedok menjadi polisi gadungan, dan menyarankan warga yang menjadi korban untuk segera dapat melapor kepada kami untuk dapat ditindaklanjuti.

Barang bukti yang telah kami sita berupa pistol mainan, baju safari dan ID card didapat tersangka dengan cara membeli dibeberapa tempat, dan untuk ID card dibelinya dari koperasi Polri Sukabumi.

Atas penipuan yang dilakukannya, tersangka dapat dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal empat tahun penjara.

Salah satu seorang korban yang telah melapor ‘Sismi’ ditipu sekitar Rp.2.5 Juta untuk membeli dua unit smartphone dari tersangka. korban percaya karena mengaku sebagai anggota polisi berpangkat AKBP. Tapi setelah uang yang diberikan dan ditunggu, pelaku tidak datang lagi. Setelah ditanyakan kepada anggota polisi yang berjaga di Setukpa Polri ternyata tidak ada nama tersebut lalu disadarinya ia menjadi korban penipuan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top