News

Polisi Pukul Mundur Massa Aksi 1812 Dari Kawasan Patung Kuda

Polisi Pikul Mundur Massa Aksi 1812 Dari Kawasan Patung Kuda

Massa Aksi 1812 dipukul mundur oleh polisi dari Patung Kuda, Jakarta Pusat, sampai simpang Kebon Sirih. Kini massa kocar-kacir menuju arah Tanah Abang. Diketahui, massa mulai berdatangan pada Jumat (18/12/2020) dari Jalan Thamrin sekitar pukul 12.40 sambil membawa bendera ormas berwarna merah dan putih.

Kemudian, polisi melakukan tindakan agar massa membubarkan diri, dan sempat terjadi aksi saling dorong. Akhirnya, massa dipukul mundur ke simpang Kebon Sirih dan massa terlihat mundur ke arah Tanah Abang.

Polisi juga mulai memberikan barikade dengan menutup jalan menuju Patung Kuda agar massa Aksi 1812 tidak kembali. Tampak sebuah mobil water cannon dan dua mobil pengurai massa disiagakan. Namun, hingga kini masih belum terlihat pimpinan FPI maupun PA 212 di lokasi.

Lihat Juga: Polda Metro Tak Izinkan Aksi 1812 Besok

Adanya aksi dari sejumlah ormas ini, Polda Metro Jaya telah menyiagakan para personelnya untuk mengamankan aksi tersebut.

“Hari Ini Polda Metro Jaya dan TNI kita tim gabungan menurunkan 5.000 personel yang kita siapkan di lokasi aksi,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Jumat (18/12/2020).

Menurut keterangannya, selain mengamankan sekitar kawasan Istana Negara, para personel juga disiapkan di beberapa titik. Personel cadangan juga disiapkan di kawasan Monas, Polda Metro Jaya, dan gedung DPR.

Lebih lanjut, ia kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak memberikan izin kegiatan Aksi 1812. Polisi akan menggelar operasi kemanusiaan guna mencegah penyebaran COVID-19 akibat dari kerumunan tersebut.

Dia juga menambahkan, penjagaan di daerah-daerah yang berbatasan dengan Jakarta akan dilakukan oleh petugas keamanan.

“Kita tidak mengeluarkan izin, pemberitahuan dari Anak NKRI iya ada, tapi kita tidak memberikan izin. Kita akan tetap tegakkan aturan operasi kemanusiaan yang telah disampaikan pak Kapolda kemarin di daerah-daerah mulai dilakukan penjagaan, jadi bukan di lokasinya aja,” terang Yusri.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, massa FPI dan gabungan ormas lain akan menggelar Aksi 1812 di depan Istana hari ini.

To Top