News

PPKM Darurat Mulai Berlaku, Ini Aturan Keluar Masuk Jakarta

Aturan PPKM Darurat

PPKM darurat resmi mulai berlaku di Jawa dan Bali pada 3 Juli-20 Juli 2021. Pembatasan aktivitas ini kembali diberlakukan oleh pemerintah untuk menekan angka penularan COVID-19. Aturan ini akan membatasi mobilitas masyarakat dengan beberapa syarat jika ingin melakukan perjalanan. Apa saja?

Aturan PPKM Darurat

Menunjukkan Kartu Vaksin

Pemerintah mewajibkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan domestik menggunakan transportasi umum seperti bus umum, kapal laut, pesawat dan kereta api untuk menunjukkan dan membawa kartu vaksin.

“Pelaku perjalanan domestik harus  memperlihatkan kartu vaksin, minim vaksinasi dosis pertama,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers daring, Kamis (1/7/2021).

Lihat Juga: Luhut Komando PPKM Darurat, PKS: Luhut Lagi Luhut Lagi

Yang berarti, siapapun yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta maupun keluar Jakarta, dengan transportasi umum, harus memiliki surat keterangan telah divaksinasi. Tetapi perlu dicata, aturan tersebut dikecualikan bagi sopir transportasi barang dan logistik. Selain itu, pelaku perjalanan yang memakai jasa transportasi di wilayah aglomenasi dikecualikan dari syarat ini.

“Mobilitas dengan transportasi umum di daerah aglomenasi seperti Jabodetabek dan masih mengikuti aturan yang ada sekarang ini,” jelas Menko Luhut.

Membawa Surat Keterangan Negatif COVID-19

Aturan keluar masuk DKI Jakarta selama pemberlakuan PPKM Darurat selanjutnya yaitu membawa surat hasil tes bebas COVID-19. Pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi pesawat juga wajib menunjukkan hasil tes PCR bebas COVID-19 yang diambil setidaknya H-2 sebelum keberangkatan.

Sedangkan pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi umum kapal laut, kereta api dan bus wajib membawa hasi tes Antigen negatif COVID-19 yang diambil setidaknya H-1. Tentu aturan ini tidak hanya berlaku untuk keluar masuk DKI Jakarta, namun juga berlaku untuk kedatangan maupun keberangkatan dari dan menuju Pulau Jawa dan Bali.

PPKM darurat yang akan mulai berlaku besok ini, akan dimulai dengan penutupan pintu masuk menuju Jakarta pada tengah malam nanti.

“Mulai malam nanti jam 00.00 WIB semua pintu keluar masuk Jakarta bakal kami tutup dan bakal dilakukan pemeriksaan secara ketat,” kata Irjen Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya, di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, DKI Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Fadil menegaskan sesuai kebijakan tersebut, selain kegiatan yang diziinkan oleh satgas COVID-19 masyarakat dilarang melakukan kegiatan mobilitas.

To Top