News

PPKM Level 3 Jabodetabek: Bioskop Diizinkan Buka - Warteg Tutup Pukul 9 Malam

PPKM Level 3 Jabodetabek: Bioskop Diizinkan Buka - Warteg Tutup Pukul 9 Malam

Bagaimana penerapan PPKM level 3 Jabodetabek? Berikut ini aturannya.

Pemerintah resmi memberlakukan PPKM level 3 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga Bali pada, Senin (7/2/2022).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan dengan adanya PPKM level 3 ini, maka ada sejumlah penyesuaian untuk lokasi tempat hiburan, usaha hingga makan.

"Warteg dan lapak makan buka sampai pukul 21.00 dengan kapasitas maksimal 60%. Restoran maksimal 60% pengunjung sampai pukul 21.00," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (7/2).

Selain itu, bioskop masih diperbolehkan buka dengan syarat anak usia di bawah 12 tahun diizinkan masuk asalkan telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19.

"Tempat ibadah kapasitas 50 persen. Fasilitas umum 25%, seni budaya 25%," kata Luhut.

Lihat Juga: Jangan Panik! Ini Panduan Positif Omicron yang Bisa Dilakukan

Sementara itu, untuk industri orientasi ekspor dan domestik bisa beroperasi 100%. Sedangkan supermarket dapat beroperasi sampai pukul 21.00, namun ada batasan pengunjung 60%.

"Pasar rakyat sampai pukul 20.00 maksimal pengunjung 60%. Mal dibuka sampai 21.00 maksimal 60% pengunjung dengan syarat anak kurang dari 12 tahun minimal vaksin dosis pertama," tutur Luhut.

Adapun tempat hiburan dan tempat bermain anak dapat dibuka dengan maksimal pengunjung 35%. Selain itu, pengunjung juga harus menyertakan bukti vaksin COVID-19 bagi anak di bawah 12 tahun.

PPKM Level 3 Jabodetabek: Luhut Minta Masyarakat Waspada Lonjakan Omicron

Dalam kesempatan tersebut, Luhut meminta peningkatan kewaspadaan atas lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron. Dalam beberapa hari terakhir, beberapa fasilitas kesehatan hingga konversi bed bagi pasien Covid telah meningkat.

Luhut menyebut, kebijakan PPKM ini diambil pemerintah mengikuti level asesmen yang sudah ditentukan, berdasarkan tingkat keterisian rumah sakit hingga fasilitas kesehatan lainnya.

"Berdasarkan data yang kami kumpulkan berbagai sumber, bahwa omicron ini menyebabkan penularan jauh lebih cepat, melampaui penularan varian delta,” kata dia.

Lihat Juga: Waspada Varian Omicron! Jakarta Jadi Perhatian Utama

Luhut mengklaim pemerintah selalu memperbarui data serta meminta saran dari berbagai ahli pada bidangnya.

"Serta analisis perkembangan di seluruh negara sehingga menjadi penanganan pemerintah terhadap Omicron secara holistik," tegasnya.

9 Kawasan di Jakarta Terapkan Jam Malam

Sebelum pemerintah resmi menetapkan PPKM level 3 Jabodetabek, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memberlakukan crowd free night (CFN) di sembilan kawasan DKI mulai, Sabtu (5/2/2022) lalu.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan kebijakan tersebut untuk mengurangi mobilitas warga di tengah melonjaknya kasus positif COVID-19. Ia menjelaskan, aturan ini akan berlaku setiap hari mulai pukul 00.00-04.00 WIB.

Lihat Juga: Omicron Masuk Indonesia, DPR Minta Banyak Hal

Berikut daftar kawasan di Jakarta yang menerapkan CFN menyusul kebijakan diresmikannya PPKM level 3 Jabodetabek:

  1. Asia Afrika
  2. Kawasan Sudirman Thamrin
  3. Kawasan Kemang
  4. Kawasan PIK & Danau Sunter
  5. Kawasan BKT
  6. Kawasan Kota Tua
  7. SCBD
  8. Seputaran kawasan Jl Merdeka (Monas)
  9. Senopati-Gunawarman
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top