News

Prabowo Bakal Nyapres 2024, Baiknya Gandeng Cawapres Religius?

Prabowo Bakal Nyapres 2024, Baiknya Gandeng Cawapres Religius?

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Pertanyaannya, siapa cawapres yang paling cocok menjadi pendamping Prabowo? Apakah sebaiknya berasal dari kalangan religius atau agamis?

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan pasangan capres dan cawapres yang berasal dari kalangan nasionalis dan religius sebagai strategi yang ampuh untuk memenangkan Pilpres. Arsul mencontohkan beberapa pasangan nasionalis dan religius yang berasal mengantarkan mereka ke kursi RI 1 dan RI 2.

“Kita telah menjadikan pola ini seperti sebuah konvensi, dari Gus Dur – Bu Mega, Bu Mega –Hamzah Haz, SBY – JK, Jokowi – JK, Jokowi – Ma’ruf Amin,” kata Arsul, Minggu (10/10/2021).

Atas dasar itu, Arsul menilai peluang Prabowo memenangkan Pilpres 2024 menjadi cukup besar jika dia menggandeng cawapres dari kalangan religius.

“Jadi PPP melihat peluang pak PS (Prabowo Subianto) akan cukup besar jika pasangannya adalah dari kalangan agamis – religius,” tambahnya.

Di sisi lain, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menegaskan pihaknya akan memprioritaskan sang Ketua Umum Suharso Monoarfa untuk didorong maju di Pilpres 2024. Awiek lantas menyampaikan partainya terbuka untuk berkoalisi dengan Gerindra maupun partai lainnya.

“Tentu sebagai Ketua Umum partai, pak Suharso Monoarfa menjadi figur yang paling kita prioritaskan ketika nanti bangunan koalisinya tercapai kesepakatan, entah sebagai wakil atau pun sebagai presidennya. Koalisinya entah dengan Golkar, entah dengan Gerindra atau juga dengan partai lain,” tegas Awiek, Minggu (10/10/2021).

Lebih lanjut, Awiek memastikan pihaknya juga siap mnegusung tokoh lain di luar partai sebagai capres dan cawapres 2024. Kendati demikian, dia menegaskan partainya saat ini fokus pada konsolidasi internal.

“Di luar PPP, kita juga membuka diri bagi kader-kader terbaik bangsa, untuk bisa nanti diusung PPP di Pilpres 2024. Namun, sampai sejauh ini PPP masih fokus konsolidasi internal partai,” ungkap politikus PPP itu.

PKB Dorong Cak Imin

Sementara itu, PKB memastikan akan tetap mendorong sang Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk maju sebagai capres 2024. PKB mengatakan Cak Imin memang diharapkan maju sebagai capres 2024.

“Basis struktur dan akar rumput memang sangat mendorong Cak Imin untuk maju sebagai capres. Saya rasa semua kader partai akan seperti itu sehingga wajar saja bila Gerindra memajukan kembali pak Prabowo,” terang Ketua DPP PKB Daniel Johan, Minggu (10/10/2021).

Adapun terkait siapa yang bakal mendampingi Cak Imin sat bertarung di Pilpres 2024, Daniel mengatakan partainya masih terbuka dengan siapa saja. Lebih lanjut, Daniel menegaskan PKB juga membuka koalisi dengan siapa saja.

“Untuk pasangan (pendamping Cak Imin) masih sangat terbuka dan dinamis. Kita welcome kepada semua kekuatan. Yang penting saat ini kita perkuat dukungan rakyat. Semua kader PKB di semua tingkatan diminta semakin memperkuat koalisi dengan rakyat,” tegasnya.

Prabowo Bakal Nyapres 2024

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan sang Ketua Umum Prabowo Subianto maju di Pilpres 2024. Muzani membeberkan alasan Prabowo kembali berlaga di kontestasi politik lima tahunan itu.

“Saya katakana, 2024 pak Prabowo insya Allah akan maju dalam laga Pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud,” kata Muzani, Minggu (10/10/2021).

“Dan dengan tidak mendahului jawabab beliau, saya katakan sekali lagi, insya Allah pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024,” tambahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top