News

Prabowo dan Anies, Siapa ‘Pelabuhan’ yang Cocok untuk Relawan Jokowi?

Prabowo dan Anies, Siapa ‘Pelabuhan’ yang Cocok untuk Relawan Jokowi?

Pengamat politik sekaligus pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio membeberkan analisis politiknya perihal ke mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyetir kapal besar relawannya untuk Pilpres 2024. Hendri memprediksi Jokowi akan melabuhkan kapal besar relawannya di antara dua tokoh yang memiliki elektabilitas apik, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Mulanya, pengamat politik itu menyebut Jokowi akan ‘mengemudikan’ kapal besar relawannya untuk mendukung capres yang diyakini akan meneruskan pembangunannya.

“Jadi nanti dia (Jokowi) akan me-list siapa calon presiden yang akan dipercaya sama dia untuk meneruskan pembangunannya dia. Nah, suara relawan itu akan didorong ke sana, akan diminta pak Jokowi untuk memenangkan si calon ini,” kata Hendri, Minggu (13/6/2021).

Hendri kemudian menyoroti elektabilitas Prabowo dan Anies yang saat ini cukup apik. Dia menebak salah satu dari dua tokoh itu akan menjadi ‘pelabuhan’ untuk relawan Jokowi.

“Jadi, menurut prediksi saya, minimal di antara dua orang yang terus masuk atau memiliki elektabilitas tertinggi sampai saat ini. Jadi kalau tebakan saya antara Prabowo dan Anies Baswedam,” paparnya.

Hendri Jelaskan Alasan di Balik Prediksinya

Hendri kemudian menjelasan alasan memunculkan nama Prabowo dan Anies dalam prediksinya mengenai ‘pelabuhan’ kapal besar relawan Jokowi. Dia menyebut pertimbangan utamanya adalah Jokowi dekat dengan kedua tokoh tersebut.

“Dengan mas Anies itu, walaupun katanya hubungannya kurang baik, tapi menurut saya belum tentu. Ada dua alasan, yang pertama mereka pernah kerja sama. Yang kedua, mas Anies sering tampil bareng sama pak Jokowi, walaupun hanya perhelatannya Jakarta, ungkap Hendri.

“Jadi kalau dengan pak Prabowo kan pasti ada perbincangan yang dekat-lah ya. So far sih saya melihatnya Jokowi ke arah itu,” sambungnya.

Hendri kemudian berbicara soal kandidat calon wakil presiden yang cocok mendampingi Prabowo dan Anies. Menurut dia, Puan Maharani adalah sosok yang cocok menjadi kandidat cawapres kedua tokoh tersebut.

“Nah yang mas Anies ini pasti banyak kontroversi. Karena, pasti orang harapannya kalau nggak ke Prabowo, ke Ganjar. Males pasti pak Jokowi juga ribut sama ibu Mega, karena inginnya kan, arahnya ke Puan. Jadi bisa Prabowo-Puan atau Anies-Puan. Di politik itu bisa saja, itu kalau ngomong nama,” ungkapnya.

Hendri mengingatkan relawan Jokowi agar tidak menjadi ‘ngarepwan’. Pengamat politik itu juga mengingatkan bahwa nantinya jabatan Presiden bukan lagi diduduki oleh Jokowi.

“Jangan sampai juga relawan malah dipersepsikan jadi ‘ngarepwan’. Kemudian, kalau sudah diarahkan dan relawan pak Jokowi kompak mendukung arahan pak Jokowi, jangan lupa nanti Presidennya sudah ganti loh, bosnya ganti,” tegas Hendri.

Jokowi Siap Kemudikan Kapal Besar Relawannya

Jokowi menyatakan akan mengemudikan kapal besar relawannya untuk kepentingan Pilpres 2024 mendatang. Dia menegaskan akan menyampaikan hal itu pada waktu yang tepat.

“Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan. Untuk saat ini saya mengajak sekali lagi para relawan semuanya untuk fokus membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ucap Jokowi, Minggu (13/6/2021).

Bukan tanpa alasan Jokowi menyatakan hal itu. Pasalnya, menurut dia, relawan Jokowi yang mampu mengantarkannya menjadi presiden dua periode terlihat ‘seksi’ bagi para kandidat yang ingin maju di Pilpres 2024 mendatang.

“Saya tahu relawan Jokowi termasuk Seknas Jokowi ini seksi, seksi. Pasti akan ditarik-tarik ke sana ke mari oleh para calon yang ingin maju pada pemilihan presiden 2024, akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati,” imbuhnya.

To Top