News

Prabowo Dan Megawati Bersama Resmikan Patung Bung Karno Di Kemenhan RI

Prabowo Dan Megawati Bersama Resmikan Patung Bung Karno Di Kemenhan RI

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu (6/6/2021). Patung Bung Karno menunggang kuda tersebut adalah pengingat pertama kalinya RI menunjukkan kepada dunia internasional telah mempunyai angkatan bersenjata.

“Patung ini merupakan saat Presiden Soekarno sebagai panglima tertinggi kita yang pertama pada hari Angkatan Pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta jadi inspektur upacara,” kata Prabowo dalam pidatonya.

“Dimana untuk pertama kali RI memperlihatkan mempunyai angkatan perang yang siap untuk mempertahankan kemerdekaan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Megawati yang turut menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak, terutama Prabowo Subianto.

“Terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Bapak Prabowo, Menteri Pertahanan RI atas peresmian patung Bung Karno ini. Kebetulan peresmian patung Bung Karno bertepatan dengan peringatan hari lahir beliau ke-120 tahun. Jadi sungguh menurut kami sekeluarga amat istimewa,” tutur Mega.

Usai menyampaikan pidatonya, Megawati bersama Prabowo menandatangani dokumen peresmian dan menekan tombol peresmian patung Bung Karno itu.

Prabowo Jelaskan Pembuatan Patung Kuda Bung Karno Bukan Pengkultusan

Menurut Menteri Pertahanan RI itu, pembuatan Patung Bung Karno bukanlah untuk memuja-muja masa lalu. Namun untuk mewarisi nilai kebangsaan bagi generasi muda mengenai arti pentingnya kemerdekaan Tanah Air yang diraih dengan segala pengorbanan. Peresmian patung tersebut sekaligus untuk mengenas jasa-jasa Presiden Soekarno sebagai proklamator kemerdekaan dan juga penggagas ideologi Pancasila yang mempersatukan bangsa Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Perjuangan Ir. Soekarno, Sang Proklamator dan Presiden Pertama RI

“Bung Karno bukan hanya presiden ke-1, beliau merupakan proklamator kemerdekaan. Beliau merupakan penggagas ideologi negara kita yang kini mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yaitu Pancasila,” terang Prabowo.

“Sudah sepatutnya bagi kita sebagai generasi penerus untuk selalu mengenang jasa beliau,” lanjutnya.

Prabowo juga membantah jika patung tersebut adalah bentuk pengkultusan kepada sosok Presiden Soekarno yang dikenal kharismatik. Dalam peresmian tersebut, hadir pula Prananda Prabowo, kepala Situation Room PDIP dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto serta sejumlah pejabat lainnya.

To Top