News

Prabowo Subianto Siap Nyapres di 2024, Gerindra dan PKB Daftar ke KPU Hari Ini

Prabowo Subianto Siap Nyapres di 2024

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyatakan dirinya siap kembali mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024. Ia mengaku siap jika para kader Gerindra memintanya menjadi capres pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang bakal digelar beberapa hari lagi.

“Ya kita lihat hasil rapimnas, tapi kalau memang saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat, tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti benar-benar dicalonkan,” kata Prabowo di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Prabowo menyampaikan hal tersebut setelah mendaftarkan partainya sebagai calon peserta pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Senin (8/8/2022). Ia bersama kader Gerindra mendaftar bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Lihat Juga: Duet Prabowo-Cak Imin Kapan Dideklarasikan? PKB: Tunggu Tetangga Sebelah

Sejauh ini, PKB dan Gerindra sedang menjajaki koalisi menjelang Pilpres 2024 nanti. Kedua partai politik itu saling membutuhkan dukungan supaya memenuhi syarat untuk mencalonkan capres-cawapres.

Sebelumnya Prabowo Subianto sudah pernah mengikuti Pilpres pada 2009, 2014 dan 2019. Pada 1009, ia menjadi cawapres bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tetapi kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Lalu pada Pilpres 2014, ia maju sebagai capres didampingi Hatta Rajasa dari PAN. Tetapi, mereka dikalahkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Prabowo kembali mencalonkan diri di Pilpres 2019 bersama Sandiaga Uno sebagai cawapres. Ia kemudian kalah dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Prabowo Subianto dan Cak Imin Mendaftar Bersama ke KPU

Prabowo dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendaftar ke KPU, Jakarta Pusat, pada Senin (8/8/2022), sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka kompak memakai kemeja berwarna putih lengkap dengan peci hitam.

Lihat Juga: Gerindra-PKB Berkoalisi di Pilpres 2024, Tetap Buka Pintu untuk Partai Lain

Keduanya juga langsung ke ruangan pendaftaran parpol tanpa mengatakan apapun kepada media. Namun, sempat terjadi aksi saling dorong karena kader PKB dan Gerindra memaksa untuk ikut ke dalam gedung KPU. Petugas penjaga keamanan pun berulang kali memberitahukan bahwa kader yang diizinkan masuk adalah yang mempunyai id card.

Aksi saling dorong itu terjadi hingga memasuki halaman KPU, tapi situasi kembali kondusif usai Prabowo Subianto dan Cak Imin memasuki lokasi pendaftaran. Pendaftaran kedua partai ini pun diiringi dengan reog dan barongsai. Sepasang barongsai merah dan kuning menampilkan aksinya begitu tiba di depan gedung KPU.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda menuturkan kebersamaan kedua ketua umum parpol dalam pendaftaran itu menunjukkan keseriusan wacana koalisi Gerindra-PKB menjelang Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top