News

Presiden Haiti Tewas Terbunuh Di Rumahnya

Presiden Haiti Tewas Dibunuh

Presiden Haiti Jovenel Moise meninggal dunia setelah dibunuh di kediamannya, kata Perdana Menteri sementara Negara Haiti Claude Joseph.

“Sekelompok orang tak dikenal menyerang rumah pribadi Moise pada Rabu malam (waktu setempat) dan menembaknya mati,” tutur Joseph, mengutip laman Al Jazeera, Rabu (7/7/2021).

Kini, Ibu Negara masih mendapat perawatan di rumah sakit akibat serangan tersebut.

“Kondisi keamanan negara berada di bawah kepolisian nasional Haiti serta Angkatan Bersenjata,” ujar Joseph.

Demokrasi dan republik akan menang,” katanya,

2 Terduga Pelaku Penembakan Presiden Haiti Ditangkap

Dua terduga pelaku penembakan Jovenel Moise, berhasil diamankan aparat keamanan pada Rabu (7/7/2021), kurang dari 24 jam usai peristiwa tersebut.

“Terduga pelaku dihadang Polisi Nasional di Pelerin tidak lama sebelum pukul 18.00 malam ini,” kata Wakil Menteri Komunikasi Frantz Exantus.

Ia memaparkan lebih lanjut soal kasus tersebut dan segera merilisnya. Tetapi, secara terpisah, Duta Besat Haiti untuk AS Bocchit Edmond, menuturkan pembunuh Presiden Haiti itu merupakan tentara bayaran ‘profesional’ yang menyamar menjadi agen DEA (Badan Pemberantasan Narkoba) AS.

Sementara Associated Press melaporkan, pelaku pembunuhan tersebut berjumlah 4 orang, dan 2 orang hingga saat ini masih buron. Berdasarkan penyelidikan, para pelaku pembunuhan Moise diketahui berkomunikasi dengan bahasa Spanyol dan Inggris.

“Itu merupakan serangan yang diatur dengan baik dan merupakan para profesional. Kami mempunyai video dan kami yakin itu merupakan tentara bayaran,” kata Edmond kepada media, dikutip AFP, Kamis (8/7/2021).

Presiden Haiti Jovenel Moise meninggal dunia setelah dibunuh di kediaman pribadinya yang berada di Ibu kota Port-au-Prince pada Rabu sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Ibu Negara Martine Moise, selamat dari peristiwa tersebut meskipun mengalami luka tembakan.

Peristiwa tersebut membuat situasi negara yang berada di wilayah Karibia itu semakin tak menentu. Perdana Menteri Haiti Claude Joseph mengumumkan status darurat nasional untuk dua minggu ke dean yang menambah kekuasaan tambahan pada eksekutif. Selain itu, Joseph juga menegaskan saat ini ia adalah penanggung jawab pemerintahan Haiti.

Salah satu negara di Karibia ini merupakan negara dengan sistem kesatuan republik semi-presidensial. Dengan sistem multipartai, Haiti memiliki presiden sebagai kepala negara yang dipilih elalui pemilu selama 5 tahun sekali.

Jovenel Moise sendiri telah  menjadi Presiden Haiti sejak 2018. Sementara, perdana menteri sebagai kepala pemerintahan berasal dari partai mayoritas di parlemen yang ditunjuk langsung oleh Presiden. Rencananya Dewan Keamanan PBB akan segera mengadakan pertemuan darurat terkait persoalan ini pada Kamis (7/7/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top