News

Presiden Minta BUMN Sakit Ditutup! Apa Saja Daftarnya?

Presiden Minta BUMN Sakit Ditutup! Apa Saja Daftarnya?

Presiden Joko Widodo menyinggung daftar BUMN sakit kerap mendapat proteksi. Karena, BUMN tersebut mendapatkan (PMN) penyertaan modal negara. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi ketika memberi arahan kepada Menteri BUMN Erick Thohir beserta 20 Direktur Utama BUMN di Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (14/10/2021).

“Yang kemarin-kemarin BUMN terlalu sering kita proteksi. Sakit ditambah PMN, sakit suntik PMN. Maaf, terlalu enak sekali,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, lantaran terlalu kerap diproteksi akhinya menurunkan kemampuan berkompetisi. Jokowi pun tidak ingin hal-hal seperti itu kembali terjadi. Bahkan, Jokowi tidak sungkan menutup BUMN apabila dapat laporan BUMN sakit.

“Jika Pak Menteri menyampaikan kepada saya, pak ada perusahaan seperti ini, keadaanya BUMN. Jika saya langsung, tutup saja. Tidak ada selamat-selamatkan, gimana seperti itu,” tegas Presiden.

BUMN Sakit Yang Akan Ditutup

Wacana pembubaran atau penutupan BUMN sakit bukan hal baru. belum lama ini, Menteri BUMN Erick Thohir juga menyampaikan 7 BUMN bakal dibubarkan. Langkah tersebut dipastikan akan dilakukan hingga akhir 2021 hingga awal 2022.

Erick menyampaikan, 7 BUMN tersebut sudah lama tak beroperasi jadi harus dibubarkan secepatnya. Apabila tidak, ia akan jadi pemimpin yang zalim sebab tidak memberi kepastikan kepada pekerjanya.

“Saat ini yang butuh ditutup itu ada 7 yang memang telah lama tak beroperasi. Ini kan kasihan pula nasib para karyawannya terkatung-katung dan kita kan zalim jika jadi pemimpin tak memberi kepastian,” ucap Erick, 23 September 2021.

“Saat kita lihat ada sebuah perusahaan yang tak sehat dan ini saat ini terbuka digitalisasi dan marketnya. Itu jika tak diambil keputusan cepat nanti akan membuat perusahaan tersebut semakin lama, semakin tak sehat. Padahal dalam waktu yang singkat kita dapat perbaiki, hanya karena prosesnya belum, jadi tidak sehat. Akhirnya bukan tidak sehat saja, jadi bangkrut dan tutup,” imbuhnya.

Daftar 7 BUMN Yang Akan Dibubarkan

1. PT Merpati Nusantara Airlines (Persero)
2. PT Industri Gelas (Persero)
3. PT Istaka Karya (Persero)
4. PT Kertas Kraft Aceh (Persero)
5. PT Industri Sandang Nusantara (Persero)
6. PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (Persero)
7. PT Kertas Leces (Persero)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top