News

Presiden Perintahkan Harga Tes PCR Turun

Presiden Perintahkan Harga Tes PCR

Belakangan ini heboh di tengah masyarakat soal harga tes PCR karena ternyata di India jauh lebih terjangkau dibandingkan di Indonesia. Desakan untuk menurunkan biaya tes polymerase chain reaction (PCR) pun menggema.

Terkait polemik tersebut, Presiden Joko Widodo pun akhirnya buka suara. Ia meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin supaya mengatur harga tes tes PCR di kisaran Rp 450.000 hingga Rp 500.000.

“Saya telah berbicara dengan Menteri Kesehatan terkait hal ini. Saya meminta supaya biaya tes PCR berada di kisaran antara Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu,” ujar Presiden dalam keterangannya di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8/2021).

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga memerintahkan agar hasi tes PCR COVID-19 dipercepat. Ia meminta agar hasil tes maksimal keluar dalam 1×24 jam.

“Saya minta supaya tes PCR dapat diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1×24 jam,” tutur Joko Widodo.

Lihat Juga: Peraturan Baru, Masuk Mall Kini Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin/Tes PCR

Presiden Joko Widodo menuturkan, dalam penanganan COVID-19, salah satu caranya adalah dengan memperbanyak testing atau pemeriksaan. Salah satu ntuk memperbanyak testing sendiri, menurutnya adalah dengan menurunkan harga tes PCR.

“Salah satu cara untuk memperbanyak testing yaitu dengan menurunkan biaya tes PCR,” sambungnya.

Seperti diketahui, harga tes PCR di Tanah Air sedang menjadi sorotan dan banyak yang membandingkannya dengan India. Di Indonesia saat ini harga tes PCR berada di kisaran Rp 800 ribu sampai lebih dari Rp 1 juta dengan iming-iming hasil tes lebih cepat keluar.

Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan sebelumnya juga telah menetapkan biaya tertinggi untuk tes PCR. Saat itu, pemerintah menetapkan tariff batas tertingginya adalah Rp 900 ribu.

Pernyataan lengkap Presiden Jokowi:

Salah satu cara untuk meningkatkan testing yaitu dengan menurunkan biaya tes PCR. Dan saya telah berbincang bersama Menteri Kesehatan terkait hal tersebut. Saya meminta supaya harga tes berada di kisaran antara Rp 450.000 hingga Rp 550.000. selain itu juga saya meminta supaya tes dapat diketahui hasilnya dalam waktu paling lama 1×24 jam. Kita membutuhkan kecepatan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top