News

Pria Madiun Diduga Bjorka, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Pria Madiun Diduga Bjorka

Mabes Polri mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap sosok dibalik hacker Bjorka yang disebut-sebut berada di Madiun, Jawa Timur. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkap penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Siber kini sedang menyelidiki pria Madiun itu. Namun, dia memastikan orang tersebut masih berstatus sebagai saksi.

“Yang baru saya dapat informasi yang ada di Jawa Timur aja yang masih didalami. Satu orang aja yang masih didalami,” ujarnya, Kamis (15/9/2022).

“Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja,” lanjutnya.

Dedi juga menekankan bahwa pihaknya belum bisa memastikan apakah pria Madiun diduga Bjorka itu benar sang peretas atau bukan. Pasalnya, kata dia, tim gabungan dari Kemenkominfo, Kemenko Polhukam, BIN, BSSN dan Polri masih mendalami yang bersangkutan.

“Belum disimpulkan seperti itu (hacker Bjorka) karena masih didalami Timsus. Saya tidak berkompeten menjelaskan sebelum timsus nanti telah selesai bekerja.”

Lihat Juga: Siapa Hacker Bjorka Dan Kenapa ‘Serang’ Indonesia?

“Kita sabar menunggu timsus bekerja biar nanti disampaikan pak menkopolhukam lebih komperhensif,” jelasnya.

Menurut informasi, Tim Siber Bareskrim Polri dilaporkan mengamankan seorang pria Madiun berinisial MAH (21) yang diduga sebagai Bjorka.

Selain Pria Madiun, Remaja Asal Cirebon Juga Dituduh Sebagai Bjorka

Bukan hanya pria Madiun, seorang remaja asal Kabupaten Cirebon, SF juga dituduh sebagai Bjorka. SF pun membantah tudingan tersebut dan mengaku dirinya masih melanjutkan pendidikan paket C.

SF menyebut dirinya bersekolah di SMK Wahidin. Meski begitu, dia menempuh pendidikan paket C untuk belajar editing video.

“Saya bukan Bjorka, bukan hacker. Sekarang ini masih kejar paket C, baru 2 bulan. Ngedit video buat asah keahlian,” kata SF di Cirebon, Rabu (14/9/2022).

Lebih lanjut, ia bercerita merasa aneh karena sejak beberapa hari lalu, akun Instagram bernama @volt_anonym menyebut dirinya sebagai peretas.

Lihat Juga: Pemerintah Klaim Sudah Kantongi Identitas Bjorka, Ini 3 Petunjuk Tentangnya

Kemudian mulai muncul pemberitaan di berbagai media terkait identitasnya sejak kemarin. Padahal, dia mengklaim tidak mempunyai kemampuan meretas.

“Saya tidak punya kemampuan buat nge-hack seperti apa yang dituduhkan sekarang,” jelasnya.

SF juga menghubungi Polres Cirebon Kota untuk mendapatkan pendampingan dan mengklarifikasi mengenai informasi yang mendiskreditkan dirinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top