News

Pro Kontra Aturan Baru Pencairan JHT yang Baru Bisa Dinikmati di Umur 56 Tahun

Pro Kontra Aturan Baru Pencairan JHT yang Baru Bisa Dinikmati di Umur 56 Tahun

Aturan baru pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) menimbulkan pro kontra. Dalam aturan baru pencairan JHT ini, manfaat program ini baru dapat dinikmati dan dicairkan pada usia 56 tahun secara 100%.

Berdasarkan aturan baru yang dikeluarkan Kementerian Ketenagakerjaan, JHT mulai Mei 2022 tidak dapat dicairkan sepenuhnya sebelum pekerja berusia 56 tahun. Hal tersebut tertulis dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 2 Tahun 2022 terkait Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

Lihat Juga: Cara Mudah Cairkan Bantuan Uang Rp. 600 Ribu Buat Karyawan Ber-Gaji Dibawah Rp. 5 Juta

Lantas jika dana pekerja mengendap sampai umurnya 56 tahun, apa yang bakal dilakukan pemerintah terhadap dana tersebut?

Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menerangkan bahwa akun JHT merupakan akun pribadi tiap pekerja. Oleh sebab itu, iurannya tak dapat diusik atau diutak-atik oleh pemerintah. Selain itu, pemerintah juga tidak dapat mengakses akun itu sebab bersifat individu.

Aturan Baru Pencairan JHT, Untuk Pembangunan IKN?

Adanya aturan baru pencairan JHT tersebut membuat banyak warganet yang menduga bahwa pemerintah ingin memakai dana JHT untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Terkait hal ini, Dita menepis tuduhan tersebut.

Dita memastikan bahwa dana JHT milik pekerja tak dapat dipinjam pemerintah untuk menangani COVID-19, pembangunan IKN maupun hal lain. Ia menjamin dana JHT tak akan menguap atau menghilang. Masyarakat juga bisa mengeceknya lewat aplikasi Jamsostek Mobile.

Dana yang ada di BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek memang dapat diinvestasikan oleh lembaga terkait, baik di saham, surat utang, deposito, reksa dana atau investasi langsung. Namun Dita memastikan hal tersebut dikelola dengan hati-hati.

Aturan Baru Pencairan JHT

Seperti diketahui, berdasarkan aturan baru pencairan JHT, saldo Jaminan Hari Tua hanya bisa dicairkan secara penuh ketika peserta telah berumur 56 tahun. Namun, peserta masih dapat mencairkan sebagian saldo JHT sebanyak 30% untuk kepemilikan rumah atau 10% untuk kebutuhan lain. Syaratnya, peserta harus terdaftar dan jadi anggota aktif setidaknya 10 tahun.

Lihat Juga: BPK: Ada Masalah Pengelolaan Dana Pensiun PNS, TNI, & Polri

Sementara itu, dalam aturan baru pencairan JHT tercantum bagi peserta yang meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap, dana Jaminan Hari Tua bisa dicairkan tanpa menunggu 56 tahun. Bagi peserta yang meninggal dunia, JHT bisa dicairkan oleh sang ahli waris.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top