News

Profil Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers RI yang Wafat di Malaysia

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra wafat setelah sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia. Berikut profil Azumardi Azra

Kabar Azyumardi Azra meninggal dunia dikonfirmasi oleh Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu. Ia menuturkan saat ini proses kepulangan jenazah Azyumardi ke RI tengah diurus kedutaan.

“Benar. Saya konfirmasi ke istri beliau yang berada di sana. Sekarang jenazahnya sedang diurus kedutaan,” ujar, Ninik Rahayu, Minggu (18/9/2022).

Profil Azyumardi Azra

Prof Dr H Azyumardi Azra, M.Phil, MA, CBE  merupakan Ketua Dewan Pers periode 2022-2025, ia terpilih menggantikan Mohammad Nur. Ia juka dikenal sebagai cendekiawan muslim.

Pria yang tutup usia pada 67 tahun ini akrab disapa Prof Azra. Ia lahir di Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 4 Maret 1955.

Pada tahun 2010, dia mendapatkan gelar Commander of the Order of British Empire (CBE), yaitu gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Prof Azra pun menjadi “Sir” pertama asal ndonesia.

Gelar tersebut diberikan Kerajaan Inggris pada seseorang untuk menghargai kontribusinya di bidang pekerjaan mereka masing-masing. Dengan gelarnya itu, Azyumardi Azra dianggap sudah diakui menjadi anggota keluarga bangsawan Inggris.

Azra juga diketahui adalah mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah tahun 1998-2006.

Kronologi Prof Azyumardi Meninggal Dunia

Azra sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia sebelum tutup usia. Ia disebut mengalami sesak napas sejak dalam penerbangan ke Malaysia. Azra awalnya ke Malayia untuk menjadi narasumber di acara Angkatan Belia Islam Malaysia.

Pihak keluarga pun langsung menuju ke Malaysia setelah mendapat kabar terkait kondisi Azra. Azra sendiri disebut sempat dalam kondisi stabil pada, Sabtu (17/9/2022) malam.

Pihak KBRI juga menjenguk Azra saat dirawat serta berupaya merujuknya ke rumah sakit di Kuala Lumpur.

“Kita minta ekstra-perhatian dari pihak RS. Kita sudah mintakan supaya dipindahkan ke ICU atau ke RS lain yang lebih baik,” ucap Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar.

Yoshi juga membenarkan terkait kabar Azyumardi Azra terpapar COVID-19. Kabar tersebut diterima Yoshi dari keterangan pihak rumah sakit.

“Menurut keterangan RS yang menangani demikian (positif COVID-19),” kata dia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top