News

Profil Jack Lapian, Cucu Pahlawan Nasional Sekaligus Relawan Jokowi-Ahok Meninggal Dunia

Profil Jack Lapian, Cucu Pahlawan Nasional Sekaligus Relawan Jokowi-Ahok Meninggal Dunia

Salah satu relawan Joko Widodo (Jokowi), Jack Boyd Lapian meninggal dunia di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pada Rabu (16/2/2022). Kabar duka tersebut disampaikan putra sulung Jack Lapian, yakni Jonathan Edward Lapian melalui akun Twitter Jack Lapian @lapianjack.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Jack Boyd Lapian hari Rabu 16 Februari 2022 pukul 21.00 WIB. Terimakasih untuk dukungan dan doanya para rekan2 dan senior," tulis Jonathan Edward Lapian, Rabu (16/2/2022) malam.

Dari informasi yang beredar, Jack meninggal dunia karena terpapar COVID-19. Jack Boyd Lapian adalah cucuk Pahlawan Nasional Indonesia Bernard Wilhelm Lapian. Namanya kerap jadi sorotan karena pernah melaporkan beberapa tokoh ke polisi.

Sebagai informasi, pada 2018 lalu Jack melaporkan Ahmad Dhani terkait ujaran kebencian. Di tahun yang sama, ia juga melaporkan Anies Baswedan soal penutupan jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta. Ia menilai kebijakan itu melanggar UU tentang Jalan.

Lihat Juga: Polisi Tetapkan Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian

Pada tahun 2019 Jack melaporkan Rocky Gerung ke pihak berwajib terkait pernyataan kitab suci adalah fiksi.

Sosok Jack Lapian

Dalam sebuah wawancara pada 2019, Jack menyampaikan, pada 2012 silam ia merupakan relawan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Kala itu Ahok masih menjadi kader Partai Gerindra. Ia mengaku memiliki keahlian dalam bidang Teknologi Informasi (IT).

Dengan keahliannya itu, ia bergabung di Jokowi-Ahok Social Media Volunteer (Jasmev) untuk memenangkan pasangan ini di Pilakada DKI 2012.

Lalu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Jack Lapian kembali bergabung sebagai relawan di bidang media sosial untuk memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla. Ia jadi relawan Jokowi Advence Sosial Media Volunteer.

Setelah itu, dirinya kembali jadi relawan dalam Pilgub DKI 2017. Hingga akhirnya ia mendirikan organisasi relawan sendiri bernama BTP Network.

Lihat Juga: 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

Bersama Abu Janda, Muannas Alaidid dan sejumlah aktivis lain, dirinya membentuk organisasi masyarakat bernama Cyber Indonesia. Jack menjadi sekretaris jenderal di organisasi yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM tersebut.

Pada Pilper 2019, Jack Lapian kembali menjadi relawan Jokowi-Ma’ruf Amin. Organisasi relawan yang didirikannya yaitu Gerakan/Cyber Pancasila dan ia menyebut organisasinya itu telah terdaftar di Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top