News

Profil Komjen Ahmad Dofiri yang Pimpin Sidang Etik Ferdy Sambo

Profil Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Ahmad Dofiri sebagai Ketua Komisi Etik Polri (KKEP) mengenai dugaan pelanggaran etik eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Hal ini dikonfirmasi Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Sidang etik Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J tersebut digelar hari ini, Kamis (25/8/2022) di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Dipimpin Pak Kabaintelkam Ahmad Dofiri,”kata Dedi kepada wartawan, Rabu (24/8/2022).

Profil Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri

Komjen Ahmad Dofiri adalah lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 1989 sebagai lulusan terbaik alias peraih Adhi Makayasa.

Jabatan awalnya yaitu Kanit Resintel Polsekta Tangerang pada (tahun 1990). Selanjutnya Kassubag Jabpamentil Bagian SDM Polri (tahun 2005).

Dilanjutkan sebagai Wakapolwiltabes Bandung (tahun 2009). Di tahun yang sama, Ahmad Dofiri menjabat sebagai Kapoltabes Yogyakarta.

Lihat Juga: Ramai Soal Kekaisaran Sambo dan Konsorsium 303, Hanya Rumor Politik?

Dia juga pernah menjadi Karobinkar SSDM Polri (tahun 2014). Lalu, ia menjadi polisi nomor satu atau Kapolda di Provinsi Banten (tahun 2016).

Kemudian ia ditugaskan di Mabes Polri. Ahmad Dofiri menempati posisi sebagai Karosunluhkum Divkum Polri.

Polisi kelahiran Indramayu, 4 Juni 1967 ini juga ditunjuk sebagai salah satu personel yang masuk ke dalam tim khusus (timsus) untuk mengusut kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sidang Etik Ferdy Sambo Digelar Tertutup

Sebelumnya dikabarkan, Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan sidang etik Ferdy Sambo akan digelar secara tertutup di Gedung TNCC Divisi Propam Polri, Jakarta Selatan.

“Info dari Wabprof, besok (hari ini) sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) FS jam 09.00 WIB di Ruang Sidang KKEP Gedung TNCC Lt.1 Rowabprof Divpropam Polri. Secara tertutup,” ungkap Dedi, Rabu (24/8/2022).

Sidang etik Sambo yang dipimpin Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri itu dilaksanaan bersamaan dengan proses penyidikan pidana. Sidang etik tersebut tidak diperlukan setelah adanya keputusan pengadilan yang inkracht.

“Enggak ini berlaku paralel. Sidangnya (pidana) jalan, sidang etiknya juga jalan,” jelasnya.

Lihat Juga: Ferdy Sambo Tersangka, Kabareskrim: Ancaman Hukuman Mati

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, Listyo memastikan dalam 30 hari kedepan pihaknya akan merampungkan proses sidang etik profesi terhadap para anggota Polri yang terlibat kasus pembunuhan Brigadir J.

Ia menyebut hal ini demi memberi kepastian hukum pada para terduga pelanggar etik terkait kasus tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top