News

Profil Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad

Profil Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak resmi terpilih sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Penunjukkan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 terkait Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Surat tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada, Jumat (21/1/2022).

“Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,” ujar Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa lewat keterangan tertulis, Sabtu (22/1/2022).

Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Belakangan ini nama Maruli disebut-sebut sebagai calon kuat Pangkostrad, bersaing dengan sejumlah nama seperti Mayjen Agus Subiyanto, Mayjen Teguh Pujo Rumekso dan Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Lihat Juga: Pernyataan Lantang Letjen Dudung, Dari FPI Hingga ‘Semua Agama Benar’

Profil Maruli Simanjuntak

Maruli adalah abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 yang memiliki pengalaman di Infanteri Kopassus dan Datasemen Tempur Cakra.

Usai menyelesaikan pendidikan di Akmil, pria kelahiran 27 Februari 1970 ini menempati beberapa jabatan strategis. Jabatan penting pertama yang ditempat Maruli adalah saat ia dipercaya menjadi Komandan Detasemen Tempur Cakra pada 2002.

Tiga tahun berselang, ia jadi Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus. Jabatan tersebut diemban Maruli Simanjuntak pada tahun 2005-2008.

Setelah itu, pada 2008 Maruli dipercaya menempati posisi Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2/Sandhi Yudha. Jabatan tersebut ia lakoni hingga 2009. Di tahun yang sama, Maruli mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) hingga tahun 2010.

Lihat Juga: Profil Andika Perkasa yang Hari Ini Resmi Jadi Panglima TNI

Lalu pada tahun 2010-2013, Maruli Simanjuntak mengemban jabatan Wakil Komandan Grup 1/Para Komando. Kemudian selama 2013-2014, ia menjadi Komandan Grup 2/Sandhi Yudha.

Karirnya pun terus menanjak, pada tahun 2014 ia dipercaya menempati posisi Asisten Operasi Komandan Jenderal Kopassus. Di tahun yang sama hingga 2016, dia dipilih jadi Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Grup A adalah grup Paspampres yang melekat langsung untuk pengamanan presiden. Dari Komandan Grup A Paspampres, Maruli diberi amanah sebagai Komandan Korem 074/Warastratama (Solo). Selanjutnya tahun 2017, Maruli kembali gabung dengan korps Paspampres dan menduduki jabatan Wakil Komandan Paspampres.

Ia dirotasi pada Oktober 2018 jadi Kasdam IV/Diponegoro. Baru menjabat satu bulan, Maruli Simanjuntak kembali dipromosikan sebagai Komandan Paspampres. Saat itu pangkat Maruli naik jadi dua bintang atau mayjen. Maruli menempati kursi Komandan Paspampres hingga 2020 sebelum akhirnya dipilih sebagai Pangdam IX/Udayana.

Ini merupakan jabatan terakhir yang diemban Maruli Simanjuntak sebelum dirinya ditunjuk sebagai Pangkostrad. Dengan rekam jejak yang ia miliki, Maruli dikenal dekat dengan Presiden Joko Widodo. Selain itu, dirinya juga merupakan menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top