News

Profil Oded M Danial, Pendakwah Sekaligus Wali Kota Bandung 2018-2023

Profil Oded M Danial, Pendakwah Sekaligus Wali Kota Bandung 2018-2023

Wali Kota Bandung Oded M Danial dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 12 Desember. Ia dikabarkan pingsan saat berada di salah satu masjid di Kota Bandung. Berikut profil Oded M Danial, Wali Kota Bandung periode 2018-2023.

Biodata Oded M Danial

Berdasarkan informasi dari Humas Bandung, Oded Muhammad Danial lahir pada 15 November 1962 di Tasikmalaya, Jawa Barat. Oded menghabiskan masa kecil hingga remajanya di kota yang dikenal akan bodirnya itu. Pria yang akrab di sapa Mang Oded ini menyelesaikan pendidikannya di kota ini.

  • SD Lengkong (1969-1975)
  • ST Negeri 1 Tasikmalaya (1975-1978)
  • STM Negeri Tasikmalaya (1978-1982)
  • Universitas Pasundan (2014-2017)

Lihat Juga: Profil Andika Perkasa yang Hari Ini Resmi Jadi Panglima TNI

Perjalanan Karir Mang Oded

  • Sebelum bergabung dengan dunia politik, ia bekerja di Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) atau yang sekarang menjadi PT Dirgantara Indonesia (PT DI) pada 1983-1999.
  • Anggota DPRD Kota Bandung periode 2004-2008 dan periode 2008-2013.
  • Di organisasi politik, Oded M Danial pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Bandung periode 2005-2010, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bandung periode 2010-2015.
  • Mang Oded memenangi Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung tahun 2013.
  • Pada Polwalkot 2013 tersebut, Mang Oded mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota bersama dengan M Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung.
  • Wali Kota Bandung periode 2018-2023.

Selama menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung, ia telah melakukan terobosan-terobosan, mulai dari reformasi tata Kelola pelayanan publik hingga pembangunan berbasis kewilayahan lewat Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK).

Lihat Juga: Profil Ari Kuncoro, Rektor UI Yang Lagi Trending Karena Rangkap Jabatan

Berkat berbagai program dan terobosan yang mempermudah pelayanan masyarakat, tak heran kalau Kota Bandung berhasil menyabet 348 penghargaan baik nasional maupun internasional selama kepemimpinannya bersama M Ridwan Kamil.

Selain di dunia pilitik, M Oded Danial juga aktif di berdakwah. Walaupun sudah menjadi Wali Kota Bandung, Mang Oded tetap mengunjungi masjid-masjid di wilayah Kota Bandung untuk melaksanakan sholat berjamaah.

Setelah sholat, biasanya ia akan melanjutkan dengan acara ngabandungan, yakni mendengarkan aspirasi maupun masukan dari masyarakat.

Di balik aktivitasnya di dunia politik maupun dakwah tersebut ternyata ada sang istri, Siti Muntamah yang selalu mendukungnya. Dikenal dengan panggilan Umi Oded, ia selalu menyertai sang suami dalam berbagai kegiatan baik di pemerintahan maupun dalam kegiatan dakwah.

Lihat Juga: Profil Artidjo Alkostar, Eks Hakim Agung Musuh Para Koruptor Yang Tutup Usia Hari Ini

Oded M Danial dan Siti Muntamah dikaruniai tujuh putri yaitu, Nurul Syifa, Zulfa Annida, Shofura Istifa, Aisyah Nurrahmah, Mufidah Ramadhanti, Fatimah Azzahra dan Khadijah Qonita Aulia.

Itulah profil Oded M Danial yang dikabarkan tutup usia pada Jumat, 10 Desember. Sebelumnya, pada awal tahun 2021 lalu, Mang Oded juga sempat dinyatakan positif COVID-19.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top