News

Profil Orient P Riwu Kore, Bupati Terpilih WN Amerika Serikat

Profil Orient P Riwu Kore, Bupati Terpilih WN Amerika Serikat

Orient P Riwu Kore merupakan bupati terpilih Sabu Raijua yang ternyata merupakan warga negara Amerika Serikat. Kabar tersebut tentu mengejutkan bagi warga Tanah Air dan saat ini tengah menjadi perhatian banyak media.

Berdasarkan profilnya, ia memiliki seorang anak yang kini menjadi sniper tentara AS dan bertugas di Afganistan. Riwu Kore sendiri terpilih menjadi bupati setelah diusung oleh Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PDIP.

Profilnya sendiri terkuak setelah berhasil memenangkan pemilihan Bupati Sabu Raijua pada pemilihan kepala daerah 2020. Ia berpasangan dengan Thobias Uly dan meraih 48,3 persen suara sah.

Orient P. Riwu Kore Tinggal Di AS Sejak 2003

Pada 2003 silam, Riwu Kore beserta seluruh keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Ia bekerja sebagai supervisor untuk membangun sistem video untuk perbatasan USA dan Mexico. Sosok yang akrab dipanggil Ama Riko ini akhirnya memutuskan kembali ke daerah asalnya di Kupang dan berniat untuk membangun tanah kelahirannya.

Setelah mendapat teguran dari ayahnya, ia pun memutuskan untuk kembali ke Sabu Raijua. Putra ke empat dari delapan bersaudara ini lahir di Kupang, 7 Oktober 1965.

Latar Belakang Pendidikan

Orient P Riwu Kore menempuh pendidikan dasar di SD Inpress Nunbaun Sabu, Kupang dan lulus pada tahun 1997. Lalu ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Kupang yang lulus pada 1980. Selanjutnya ia menempuh pendidikan mengah atas di SMEA Negeri Kupang yang kemudian lulus pada tahun 1983. Berikut pendidikan Sarjana Riwu Kore.

  • Sarjana Administrasi Niaga di Universitas Nusa Cendana, Kupang (1987)
  • Master of Arts in Religius Studies di University of California, Los Angeles (1996)
  • Master of Business Administration di University of Southern California (1999)
  • Master of Theology di California Center of Theological Studies, USA (2001)

Diketahui, ia juga memiliki tiga gelar doktor, yaitu:

  1. Doktor of Philosophy (Ph.D) yang diselesaikan di Dallas Theology Seminary, Texas (2004)
  2. Ph.D Accounting & Finance yang diselesaikan di Argosy University of San Diego (2010)
  3. Doktor of Business Administration yang diselesaikan di North Central University, Presscott, Arizona, Amerika (2016)

Pernikahan Orient P. Riwu Kore

Saat menempuh pendidikan S2 di Amerika, Riwu Kore memutuskan untuk menikahi Trini Martinez. Pernikahan tersebut dilaksanakan pada 1996 silam, dan kemudian keduanya tinggal di AS. Istrinya adalah keturunan Yahudi dari Spanyol yang lahir dan besar di Los Angeles, USA.

Dari pernikahan tersebut, Orient P Riwu Kore dan Trini Martinez dikarunai dua orang anak, yang salah satunya diketahui bernama Franklin Riwu Kore. Anak laki-lakinya tersebut, kini tengah berkarier sebagai Sniper tentara Amerika dan sedang bertugas di Afganistan. Sedangkan, putrinya bernama Jesicca Riwu Kore dan tengah menempuh pendidikan di Nursing Program di South Western College, san Diego, USA.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top