News

Profil Surya Darmadi, Tersangka Korupsi Terbesar di Indonesia

Profil Surya Darmadi

Surya Darmadi merupakan seorang pengusaha yang tengah tersandung masalah hukum. Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menjadikannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektar di Riau.

Pemilik PT Duta Palma Group itu diduga terlibat dalam tindak pidana bersama-sama dengan mantan Bupati Indragiri Hulu, Raja Thamsir Rachman, yang kini mendekam di Lapas Pekanbaru karena kasus korupsi APBD Kabupaten Indragiri Hulu sekitar Rp114 miliar.

Tidak main-main, Surya Darmadi diduga merugikan keuangan negara hingga Rp78 triliun. Kasus ini disebut sebagai korupsi terbesar di Indonesia.

Siapa Itu Surya Darmadi?

1. Pemilik Perusahaan Sawit

Melansir dari berbagai sumber, Surya adalah pemilik PT Darmex Agro Group, yang merupakan induk dari PT Duta Palma. Duta Palma sendiri adalah produsen minyak goreng “Palma”.

Menurut Linkedin perusahaan, Darmex Agro berdiri di Jakarta pada tahun 1987. Perusahaan ini merupakan salah satu kelompok budidaya, produksi dan pengekspor kelapa sawit terbesar di RI.

Sebagai perintis perusahaan, Darmex Agro memegang peran penting dalam menjadikan RI sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar. Sejak berdirinya, perusahaan mengalami perkembangan sangat pesat dalam mendapatkan lahan untuk pembudidayaan kelapa sawit, mendirikan pabrik serta penyulingan untuk mencukupi permintaan komoditas dunia yang sangat besar.

Lihat Juga: Dikawal Ketat, Surya Darmadi Tiba di Kejagung RI

Kini, perkebunan perusahaan berada di Riau dan Kalimantan. Darmex Agro mempunyai delapan pabrik kelapa sawit di Kalimantan, Pekanbaru dan Jambi.

2. Surya Darmadi Masuk Daftar Orang Terkaya

Dengan kepemilikannya itu, Surya Darmadi sempat masuk dalam daftar orang terkaya ke-28 di Indonesia menurut majalah Vorbes 2018 dengan total kekayaan Rp20,73 triliun.

3. Terlibat Kasus Penyelewengan Alih Fungsi Lahan

Sebelumnya, Surya Darmadi harus berhadapan dengan masalah hukum saat KPK mengusut kasus dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau pada 2014. Perkara ini adalah pengembangan dari kasus yang menjerat mantan Gubernur Riau Annas Maamun dan rekan-rekannya.

Surya diduga melakukan suap pada Annas Maamun dengan memberinya uang sebesar Rp3 miliar demi mengubah kawasan hutan menjadi lokasi perkebunan milik PT Duta Palma. Sejak 2014, Surya belum diproses hukum karena melarikan diri ke luar negeri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top