News

Profil Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU Periode 2021-2026

Profil Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum  PBNU Periode 2021-2026

Yahya Cholil Staquf secara resmi telah terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk periode 2021-2026.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan agenda Rapat Pleno V Muktamar NU yang mempunyai agenda pemilihan Ketua Umum PBNU. Acara tersebut digelar di pada, Jumat (24/12/2021) pagi WIB di Lampung.

Ketua Komite Pengarah (SC) Muktamar ke-34 NU, Muhammad Nuh, mengatakan berdasarkan pemilihan ketua umum, Yahya mendapatkan 337 suara. Sedangkan calon ketua umum lainnya yaitu Said Aqil Siradj dipilih oleh 210 suara, dan satu kertas suara dinyatakan tidak sah.

“Kepada Gus Yahya, selamat. Semoga di tangan beliau masa depan NU itu, ayo bersama bergandengan tangan, supaya NU lebih baik lagi,” kata Nuh setelah proses penghitungan suara pemilihan Ketum PBNU.

“Profesor Said Aqil mendapatkan 210 suara dan Kiai Haji Yahya 337 suara. Sesuai pasal 28 ayat 2 tatib muktamar ke-34, maka Kiai Haji Yahya ditetapkan sebagai Ketua Umum PBNU masa khidmat 2021-2026,” lanjutnya.

Lihat Juga: Kronologi Muktamar NU Ricuh Saat Bahas Tatib

Diketahui,  Yahya Cholil Staquf pernah mengemban jabatan sebagai Katib Aam PBNU era 2015-2020. Pria yang lahir pada 16 Februari 1966 di Rambang, Jawa Tengah, itu dikenal sebagai sosok intelektual Islam. Ia lahir di tengah keluarga yang memegang tradisi santri yang kental.

Sang ayah adalah Muhammad Cholil Bisri, tokoh NU dan juga pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga pernah menjadikan Yahya sebagai juru bicara.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pernah mendapuk Yahya sebagai salah satu Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Berikutnya, dalam kepengurusan PBNU selanjutnya, Yahya Cholil Staquf akan bekerja sama dengan Miftachul Akhyar yang kembali dipercaya menjadi Rais Aam.

Ia pun bakal berkolaborasi dengan sang adik yang kini bergabung dengan pemerintahan Jokowi sebagai Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, untuk menuntaskan perkara keumatan di Indonesia. Sejauh ini, Yaqut dikenal pula sebagai ketua umum organisasi kepemudaan NU yakni GP Ansor.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top