News

Prosesi Kendi Nusantara di IKN Dihadiri Jokowi dan Gubernur Seluruh Indonesia

Prosesi Kendi Nusantara di IKN Dihadiri Jokowi dan Gubernur Seluruh Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan gubernur seluruh Indonesia dari 34 provinsi mengikuti Prosesi Kendi Nusantara yaitu penyatuan tanah dan air di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Penyatuan air dan tanah ini dilangsungkan di Titik Nol IKN Nusantara.

Prosesi penyatuan tanah dan air ini pun disiarkan secara langsung lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022). Proses ini juga disaksikan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Iriana terlihat mendampingi Jokowi yang mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam. Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin langsung menyambut Jokowi setibanya di Titik Nol IKN.

Sementara para menteri yang turut mendampingi Jokowi adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Seskab Pramono Anung. Selain itu ada juga Kepala IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Dhony Rahajoe.

Lihat Juga: 10 Maret, Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Prosesi Kendi Nusantara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan kesempatan pertama untuk menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi.

Anies menyerahkan tanah dan kendi berisi air kepada Jokowi yang kemudian dituang ke dalam bejana Nusantara. Penyerahan tanah dan air tersebut lalu diikuti oleh Gubernur Aceh dan Papua. Satu per satu para gubernur menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi.

Prosesi Kendi Nusantara Tanda Dimulainya Pembangunan IKN

Setelah prosesi itu, Presiden Jokowi pun menegaskan bahwa pembangunan ibu kota baru akan segera dimulai.

"Pada hari ini, Senin 14 Maret tahun 2022 kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi dalam sambutannya mengutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Eks Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan bahwa kolaborasi dengan para pihak, termasuk masyarakat akan sangat membantu pembangunan ibu kota baru ini.

Ia juga menekankan perlunya kerjasama dari seluruh pihak dalam pembangunan Nusantara. Dia pun menyampaikan terima kasih atas dukungan dari banyak lembaga.

"Kolaborasi antara pemerintah pusat pemerintah daerah TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," kata Jokowi.

Terkait Prosesi Kendi Nusantara, Jokowi menyampaikan bahwa proses tersebut sebagai bentuk kebhinekaan dan persatuan dalam membangun IKN.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top