News

Puan Maharani Dilaporkan ke MKD Buntut Rayakan Ultah Saat Rakyat Demo BBM

Perayaan Ulang Tahun Puan Maharani

Ketua DPR RI Puan Maharani dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) karena merayakan ulang tahun (ultah) saat rapat Paripurna bersamaan dengan demo kenaikan harga BBM oleh mahasiswa dan buruh pada Selas (6/9/2022).

Puan dilaporkan oleh Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi (Kamaksi), Joko Priyoski. Laporan tersebut dikirimkan kepada MKD pada Senin (12/9/2022) siang.

“Hari ini kami melaporkan Puan Maharani ke MKD, atas viralnya video perayaan ulang tahun di tanggal 6 (September) yang lalu di saat masa buruh berunjuk rasa,” ucap Joko di kompleks parlemen.

Joko mengkritik tindakan Puan Maharani yang merayakan ulang tahun di tengah rapat, alih-alih menemui massa pengunjuk rasa. Ia juga menyesalkan sikap ketua DPR itu yang belum juga bersuara terkait kenaikan BBM.

Joko berharap laporannya jadi otokritik bagi Puan. Dia juga ingin DPR menjadi tempat untuk menyampaikan aspirasi rakyat, alih-alih jadi tempat seremoni dan euforia.

“Apalagi beliau kita tahu mau menjadi capres. Harusnya beliau memiliki kepekaan yg tinggi terhadap beban masyarakat hari ini,” kata Joko.

Lihat Juga: Hacker Bjorka Colek Puan Maharani, PDIP Bilang Begini

Ia pun mendesak agar Puan Maharani menyampaikan permintaan maaf atas tindakannya itu. Joko menyindir Puan supaya tidak hanya memberi janji manis dan jargon sebagai Ketua DPR.

“Jangan juga beliau hanya sekadar lip service atau jargon semata ketika beliau bilang meresapi ikut merasakan. Tapi harus diaktualisasikan dalam sikap beliau sebagai Ketua DPR,” kata dia.

Perayaan ulang tahun Puan saat rapat Paripurna DPR sebelumnya mendapat kritik dan olok-olok dari publik. Masyarakat terutama mengkritik karena perayaan tersebut bersamaan dengan aksi demo menolak harga BBM naik.

Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) bahkan mengatakan para anggota DPR itu seperti mengolok-olok rakyat. Menurut dia, sikap para anggota dewan tersebut sangat memalukan.

MKD Proses Laporan Dugaan Pelanggaran Etik Puan Maharani

MKD mengatakan akan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran etik Puan Maharani. Hal ini mengenai perayaan ulang tahun Puan di tengah rapat, bersamaan dengan momen unjuk rasa penolakan kenaikan BBM.

Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman menyebut laporan tersebut akan dibahas dalam Rapat Pleno terdekat.

“Laporan tersebut akan kami bahas dalam rapat pleno terdekat,” ucap Habib dalam keterangannya, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (13/9/2022).

Lihat Juga: Begini Respons Puan Soal Aksi Demo Harga BBM Naik

Politikus Gerindra itu membela Puan dan mengatakan perayaan ultah tersebut tidaklah berlebihan. Menurutnya, perayaan itu juga tidak berbentuk pesta dan tidak mewah. Selain itu, kata dia, perayaan ulang tahun Puan Maharani tidak dilakukan saat rapt, tetapi di sela-sela Paripurna.

“Tidak ada makan dan minuman atau atribut sama sekali. Pelaksanaan pun sebenarnya bukan di dalam rapat paripurna tetapi di sela-sela rapat Paripurna yang pertama dan yang kedua.

“Situasinya sama seperti orang biasa yang saling mengucapkan selamat ulang tahun apabila ada kolega yang kebetulan berulang tahun di tempat kerja,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia membantah DPR menolak menemui massa demo. Menurut Habib, tidak ada pengunjuk rasa yang mengirim perwakilannya untuk melakukan audiensi saat itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top