News

Puan Maharani Sindir Capres Ganteng Doang, Untuk Siapa?

Puan Maharani Sindir Capres Ganteng Doang, Untuk Siapa?

Ketua DPR RI Puan Maharani menyindir calon pemimpin ganteng, sering ‘manggung’ di media sosial, namun tidak becus kerja. Siapa calon pemimpin yang dimaksud?

Menanggapi hal itu, Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai ada dua hal yang disasar Puan terkait sindiran calon pemimpin ganteng doang itu. Pertama, kata dia, sindiran itu ditujukan pada empat sosok bakal capres. Kedua, lanjut dia, Puan pengin menyatakan pemilihan presiden bukan urusan kandidat ganteng, melainkan rekam jejaknya.

“Sindiran Puan Maharani menyasar dua hal sekaligus. Pertama, soal capres ganteng itu bisa Ganjar, Sandi, Anies dan AHY. Empat orang ini menurut penilaian publik masuk kategori ganteng,” kata Adi, Kamis (28/4/2022).

“Puan ingin tegaskan untuk urusan capres jangan hanya lihat fisik. Tapi, lihat rekam jejaknya. Ini kritik bagus agar siapapun yang mau maju harus pamer kinerja ke rakyat. Kita tinggal nunggu sindiran balik capres yang merasa ganteng seperti apa,” sambungnya.

Adi mengatakan Puan juga mencoba mengingatkan agar tidak memilih capres yang viral di media sosial saja, namun tidak memiliki kinerja yang baik. Menurut dia, peringatan semacam itu bagus agar masyarakat menyadari pentingnya memilih capres yang memiliki pengalaman kerja yang apik.

“Puan Maharani juga ingatkan kadernya jangan pilih pemimpin yang hanya viral di medsos, melainkan capres yang terbukti kerja, punya pengalaman bagus dan lainnya. Bagi Puan, capres viral medsos itu kamuflase, tak sesuai aslinya,” terang Adi.

“Saya kira pernyataan semacam ini penting untuk saling mengingatkan bahwa siapapun yang bergairah maju pilpres harus mengedepankan sesuatu yang konkret bagi rakyat. Bukan hanya besar di medsos. Meski realitas saat ini tak bisa dibantah bahwa publik suka dengan capres yang viral di medsos,” tambahnya.

PD Yakin Sindiran Puan Maharani Bukan untuk AHY

Di sisi lain, Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meyakini sindiran Puan Maharani tidak tujukan kepada Ketua Umum partainya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sebab, lanjut Herzaky, AHY bukan saja ganteng, melainkan juga cerdas, berprestasi hingga mampu menjadi pemimpin ribuan kader Demokrat.

“Soalnya, Ketum AHY kan ganteng, cerdas, berprestasi dan merakyat, bukan asal ganteng. Dia lulusan S2 Harvard, Webster University Amerika dan Nanyang Technology University Singapura. Lulusan terbaik Akmil dan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara. Sekarang Ketua Umum Partai Demokrat yang memimpin ribuan anggota dewan dan kepala daerah kader Demokrat,” kata Herzaky, Kamis (28/4/2022).

Herzaky mengatakan AHY tidak hanya dekat dengan rakyat, tetapi juga bersikap kritis terhadap kesulitan rakyat. Petinggi Partai Demokrat itu, lanjut dia, bukan saja dekat dengan rakyat via media sosial, melainkan juga bersikap nyata.

“Beliau (AHY) juga dekat dengan rakyat. Sering bersuara kritis, menyampaikan aspirasi dan kesulitan yang dialami rakyat di muka publik. Seperti langka dan melonjaknya harga minyak goreng, melonjaknya harga bahan bakar, naiknya pajak dan berbagai permasalahan lainnya. Tidak kelihatan dekat saja dengan rakyat di media sosial, tetapi bersikap ketika rakyat perlu dibela,” tegas dia.

Untuk diketahui, sebelumnya Puan Maharani menyindir sosok bakal capres yang ganteng saja, namun tidak bisa kerja dan tidak dekat dengan rakyat. Pernyataan itu dilontarkan Puan Maharani ketika mengunjungi DPC Wonogiri, belum lama ini.

“Pilihlah orang yang betul-betul cinta Indonesia, dukung orang yang memang mau bergotong-royong untuk membangun bangsa ini bersama. Kenapa saya ngomong ini? Kadang-kadang sekarang kita ini suka ‘yowes (ya sudah) lah dia aja asal ganteng, dia aja yang dipilih asal bukan perempuan, yowes dia aja walau nggak iso opo-opo (bisa apa-apa). Tapi yang penting dia itu kalau di socmed, di TV itu nyenengin. Tapi kemudian nggak bisa kerja, nggak dekat rakyat,” cetus Puan Maharani.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top