News

Jadi Wamen ATR/BPR, Raja Juli Ngaku Bukan Bidangnya

Jadi Wamen ATR/BPR, Raja Juli Ngaku Bukan Bidangnya

Politikus PSI Raja Juli Antoni ditunjuk Presiden Joko WIdodo (Jokowi) menjadi Wakil menteri (wamen) ATR/BPN. Raja mengaku selama ini tidak pernah menggeluti bidang Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Hal ini disampaikan dalam sambutannya di upcara sertijab, di Kantor Kementerian ATR/BPN. Mulanya, dia menceritakan saat dipanggil Presiden Jokowi di Istana.

“Sedikit cerita, kemarin sore saya dipanggil oleh pak Presiden ke Istana. Agar di luar dugaan, saya tidak terlalu yakin bahwa akan ditunjuk menjadi Wamen di ATR/BPN. Tapi di ruangan sudah ada pak Hadi dan beliau mengatakan ‘ini sekalian dikenalkan ini mentereinya, ini wamennya’. Terus saya tanya ‘menteri apa pak?’ ‘ATR/BPN’, oh agak deg-degan juga ATR/BPN,” ungkap Raja, Rabu (15/6/2022).

Raja Juli lantas mengaku selama ini tidak menggeluti bidang ATR/BPN. Oleh karenanya, politikus PSI itu memohon bimbingan dari seluruh pihak di Kementerian ATR/BPN.

“Pertama, bagi saya ini adalah sebuah amanah yang tidak mudah. Sama sekali tidak gampang karena dengan kerendahan hati, saya harus mengakui ini bukan bidang yang selama ini saya geluti,” tegas Raja.

“Jadi, mohon dengan kerendahan hati, tentu dengan di bawah bimbingan pak Menteri (Hadi Tjahjanto), saya tolong diajakan. Mohon dibimbing untuk sesegera mungkin beradaptasi. Karena, pak Presiden dengan jelas mengatakan kita punya waktu yang tidak lama lagi,” sambungnya.

Kendati begitu, Raja Juli menegaskan dirinya akan menjadi pembelajar yang cepat. Dia berharap mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Wamen ATR/BPN.

“Oleh karena itu, kita butuh percepatan. Jadi, Insya Allah saya akan menjadi fast learner, quick learner. Tapi, tentu dengan masukan, bimbingan dari bapak-bapak, senior-senior semua pegawai PNS di lingkungan ATR/BPN. Tidak hanya di kantor ini, tapi mungkin staf paling bawah sekali pun, di mana kita berjibaku, berjuang mengerjakan pekerjaan amanan bangsa ini dengan baik, melakukan pengukuran-pengukuran tanah di mana pun,” terang dia.

Pengamat Minta Raja Juli Segera Bertindak

Di sisi lain, Pengamat Ekonomi Bhima Yudhistira meminta Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni segera bertindak. Menurut Bhima, tidak ada waktu untuk beradaptasi masa jabatan tersisa tidak lama.

“Sebaiknya dengan waktu yang tersisa ini, harus segera bertindak. Tidak ada waktu untuk adaptasi,” kata Bhima, Rabu (15/6/2022).

Bhima menilai permasalahan yang harus di-handle Kementerian ATR/BPN cukup kompleks dengan waktu yang sudah tidak terlalu lama lagi. Oleh karenanya, dia menyarankan Kementerian ATR/BPN lebih fokus pada janji Presiden dan mengentaskan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Waktu efektif saya rasa hanya satu tahun. Dengan waktu yang tidak terlalu banyak, lebih baik fokus ke point janji Presiden dan masalah-masalahan yang terjadi di masyarakat,” tegasnya.

Bhima lantas menyoroti masalah mafia tanah yang tidak kunjung selesai. Pengamat ekonomi itu meminta pejabat baru di Kementerian ATR/BPN seperti Raja Juli Antoni turut membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Sosok yang baru ini diharapkan bisa membantu menyelesaikan permasalahan mafia tanah juga konflik agraria, yang menyangkut pemerintah dengan masyarakat, serta perusahaan dengan masyarakat. Terutama, pertambangan dan perkebunan sawit,” tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah melantik Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN, Rabu (15/6/2022). Selain itu, Presiden Jokowi juga menunjuk mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Di sisi lain, Presiden Jokowi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulhas, panggilan akrab pria itu, menggantikan pejabat sebelumnya, Muhammad Lutfi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top