News

Rakernas PDIP, Megawati: Hanya Ketum yang Menetapkan Capres

Rakernas PDIP

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri mengeluarkan instruksi kepada semua  kader di acara Rakernas PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta.

Ia berpesan agar seluruh  kader tidak lagi membicarakan tentang koalisi. Ia tidak ragu bakal memecat  kader yang melanggar instruksinya.

Awalnya Megawati bicara soal visi misi presiden sampai kepala desa. Ia menilai seharusnya visi misi itu tak berbeda-beda pada tiap tingkatan pemimpin.

Megawati lalu menyinggung tentang koalisi. Dia menegaskan tak adaa koalisi di Indonesia, yang ada yaitu kerja sama. Bagi kader PDIP yang masih bicara soal koalisi, dia minta agar mereka keluar dari partai.

Di Rakernas PDIP Megawati Tegaskan Soal Capres

Dalam Rakernas PDIP itu, Megawati juga mengatakan kalau calon presiden (capres) yang diusung partainya hanya diputuskan oleh ketua umum.

Lihat Juga: Panas Dingin Hubungan Ganjar Pranowo vs PDIP: Dicap Gubernur Pansos-Disentil Megawati

Ia melontarkan pernyataan tersebut di depan para kader dan tokoh yang hadir, seperti Presiden Joko Widodo hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Hanya Ketua Umum yang menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dari PDI-Perjuangan,” tegasnya diiringi tepuk tangan kader.

Menurut dia, kewenangannya untuk menentukan capres PDIP adalah mandat kongres dan seluruh kader.

Dalam Rakernas PDIP itu, ia juga menekankan dirinya tidak ragu untuk memecat kader yang tetap melakukan manuver di luar perintah partai. Dia mengatakan partainya tidak dapat menerima kader yang bermain dua kaki.

Lihat Juga: Soal Kode Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Capres, PDIP: Sudah Jelas Pencalonan dari Parpol

“Kalian siapa yang berbuat manuver-manuver keluar! Karena apa, tidak ada di dalam PDI-Perjuangan itu yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver,” ujar Mega.

“Ingat, lho! Lebih baik keluar, deh. Lebih baik keluar, deh, daripada saya pecat lho kamu,” sambungnya.

Iiaa mengingatkan kalau PDIP adalah partai yang taat terhadap aturan dan solid bersama rakyat.

Sebelumnya internal PDP dibuat  menghangat soal capres 2024. Dalam beberapa survei nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani muncul. Khusus Ganjar, elektabilitasnya bisa dibilang stabil di tiga besar capres 2024.

Bahkan, NasDem secara terang-terangan berminat mengusung Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang. Sementara Ganjar menanggapi wacana tersebut dengan tetap menunggu keputusan partai.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

7 + seven =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top