News

Relawan Jokowi Gelar Musra untuk Tentukan Capres 2024

Relawan Jokowi Gelar Musra

Sejumlah organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar musyawarah rakyat (musra). Musyra yang diikuti oleh 17 organisasi relawan Jokowi itu akan mencari calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan didukung pada Pilpres 2024.

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia Panel Barus menyampaikan, musra akan dimulai pada 27 Agustus 2022 di Bandung, Jawa Barat dan berakhir di Jakarta pada Maret 2023 mendatang.

Selain itu, ia juga mengatakan terdapat jumlah minimum peserta yang ikut musra di tiap provinsi. Misalnya, jumlah peserta minimum di Sulawesi Tenggara yaitu sebanyak 3.000 orang dan harus mewakili  kabupaten/kota tersebut.

“Musra Indonesia digelar untuk menjaring aspirasi rakyat secara langsung di 34 provinsi. Bandung, Jawa Barat, menjadi kick-off Musra Indonesia,” tulis Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea di Balai Sartika dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Lihat Juga: JoMan Dukung Ganjar Jadi Capres, Relawan Jokowi Pecah?

Andi mengatakan Jawa Barat terpilih karena merupakan provinsi dengan jumlah pemilih paling banyak. Selain itu, perpolitikan di Jawa Barat juga berpengaruh terhadap politik di DKI Jakarta maupun nasional.

Musra Relawan Jokowi Usung 3 Tema

Panel Barus menuturkan musra ini menjadi wadah untuk menampung aspirasi masyarakat. Kata dia, musyawarah tersebut bakal mengusung tiga tema, yaitu kebangsaan dan program priorotas harapan rakyat, karakteristik kepemimpinan harapan rakyat, serta nama capres dan cawapres harapan rakyat.

Para relawan Jokowi itu ingin mendukung kandidat yang betul-betul dipilih oleh rakyat. Sebab itu, mereka mengadakan musyawarah untuk mencari aspirasi tentang capres dan cawapres dari seluruh provinsi.

“Rakyat sudah waktunya menjadi subjek dalam memutuskan siapa tokoh yang akan menghela Indonesia pada Pilpres 2024,” ucap Panel.

17 organisasi relawan Jokowi yang ikut dalam musra tersebut yaitu Relawan Buruh Sahabat Jokowi, PROJO, GK Center, Seknas Jokowi, Almisbat, Bara JP. Lalu ada RPJB, JAMAN, Duta Jokowi, Sekber Jokowi Nusantara, Kornas Jokowi, KA-PT, RKIH, Indeks, GAPURA, KIB dan Maluku Satu Hati.

Lihat Juga: Jokowi Minta Relawan ‘Ojo Kesusu’ Pilih Jagoan 2024, Ini Kata JoMan

Sebelumnya, Jokowi menginstruksikan agar relawannya tidak terburu-buru dalam menentukan dukungan pada capres. Dia meminta supaya pendukungnya lebih dulu menampung aspirasi masyarakat.

“Urusan politik, ojo kesusu, jangan tergesa-gesa,” kata Jokowi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V kelompok relawan Projo, Sabtu (21/5/2022) lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top