News

Rencana Gus Yaqut Undang Paus Fransiskus hingga Imam Besar Al-Azhar ke Indonesia

Rencana Gus Yaqut Undang Paus Fransiskus hingga Imam Besar Al-Azhar ke Indonesia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang karib disapa Gus Yaqut berencana untuk mengundang pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus ke Indonesia. tujuan Gus Yaqut undang Paus Fransiskus adalah untuk “menyaksikan langsung indahnya keberagaman di Indonesia”.

Wacana tersebut disampaikan ketika ia memberi sambutan di Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Senin (7/3/2022).

Walau begitu, ia tidak merinci kapan Paus Fransiskus bisa berkunjung ke Tanah Air. Dia hanya memerintahkan Plt Dirjen Bimas Katolik Kemenag untuk mencoba kemungkinan itu.

Wacana Gus Yaqut Undang Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar

Gus Yaqut undang Paus Fransiskus bukan hanya satu-satunya rencana Kemenag, sebab ia juga berencana untuk mengundang Imam Besar Al-Azhar, Ahmed Al-Tayeb untuk ke Indonesia. Hal ini disampaikannya saat memberi pembinaan kepada ASN Kementerian Agama di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

“Selain Paus Fransiskus, saya bersama tim tengah berusaha mengundang Grand Syekh Al-Azhar untuk bisa hadir ke Indonesia,” ujar Yaqut.

Gus Yaqud menilai kedua sosok pemimpin agama tersebut sebagai tokoh penting yang selama ini terus menggemakan perdamaian. Bahkan, mereka sudah mendeklarasikan Piagam Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian dan Hidup Berdampingan pada 2019 lalu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Salah satu poin utama dalam deklarasi tersebut adalah mengajak umat manusia untuk hidup berdampingan dalam semangat persaudaraan serta menjadikan agama sebagai inspirasi.

Lihat Juga: Doa Semua Agama Disorot DPR Saat Raker, Menag: Apa Salahnya Doa?

“Saya ingin mengundang hadir ke Indonesia untuk menyaksikan bahwa apa yang pernah dideklarasikan di Abu Dhabi itu sudah lama dilaksanakan di Indonesia, bahkan mungkin sejak Indonesia ini belum berdiri,” kata Ketua Umum PP GP Ansor itu.

Kepada jajaranya ia juga memohon doa dan dukungan agar bisa mengundang Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar bisa segera terealisasi. Jika kedua tokoh tersebut bisa hadir, tentu akan jadi kebahagiaan tersendiri bagi Indonesia.

Gus Yaqut Undang Paus Fransiskus sepertinya bukan menjadi hal aneh. Sebelumnya, ia juga pernah bertemu dengan Pimpinan Gereja Katolik di Vatikan itu pada 2019 lalu. Ia pun menyampaikan apresiasinya atas keterbukaan Paus Fransiskus terkait sikapnya atas perbedaan.

Pada 2019 silam, Yaqut sebagai Ketua Umum GP Ansor bertemu dengan Paus Fransiskus dan berbicara soal upaya menciptakan perdamaian dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top