News

Reshuffle Kabinet, Siapa Menteri yang Bakal Terpental?

Teka-teki Reshuffle Kabinet, Siapa Menteri yang Bakal Terpental?

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju masih berembus kencang. Namun, Mensesneg Pratikno memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan melakukan reshuffle, besok Rabu (21/4/2021).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjadi salah satu menteri yang paling disoroti dalam isu reshuffle kali ini. Pasalnya, Kemendikbud sebentar lagi akan bertransformasi menjadi Kemendikbud/ristek.

Adapun Nadiem, di tengah isu reshuffle ini, justru membagikan foto dirinya bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di akun Instagram resminya. Dalam caption yang ditulis Nadiem, dijelaskan bahwa pertemuannya dengan Megawati membahas tentang program Merdeka Belajar.

“Ngobrol dua jam sama Bu Mega, diskusi strategi mempercepat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. Saya banyak belajar dari pengalaman beliau,” ujar Nadiem, Selasa (20/4/2021).

Untuk diketahui, belakangan ini banyak pihak yang menyebut Nadiem layak di-reshuffle. Salah satu pihak yang menyatakan hal itu adalah Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI).

“Komisi Pendidikan dan Kebudayaan PB HMI menyoroti kinerja menteri Mas Nadiem. Dan, layak di-reshuffle,” kata Ketua Komisi Pendidikan dan Kebudayaan PB HMI MPO Fahrul Rizal, Selasa (20/4/2021).

Fahrul Rizal kemudian memaparkan sejumlah alasan mengapa Nadiem layak di-reshuffle. Salah satunya, kata dia, Nadiem kurang mampu mengatasi persoalan pendidikan di masa pandemi.

“Soal pendidikan di masa pandemi, harusnya menjadi panggung besar bagi mas Nadiem untuk memajukan teknologi. Namun di pedesaan sangat miris melihat pendidikan. Masih banyak siswa-siswi di pedesaan dan pelosok tidak bisa belajar secara daring karena faktor handphone dan internet ya yang sulit didapatkan,” beber Fahrul Rizal.

Menteri M Diisukan Kena Reshuffle Kabinet

Selain Nadiem, isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju juga memunculkan spekulasi menteri berinisial M akan terdepak. Siapa dia?

Jika dilihat dari daftar menteri Kabinet Indonesia Maju, ada empat nama yang berinisial M, antara lain: Moeldoko (KSP), Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan). Kemudian ada Mahfud Md (Menko Polhukam) dan Muhadjir Effendi (Menko PMK).

Salah satu menteri berinisial M, Moeldoko mengaku tidak mengetahui kabar reshuffle kabinet. Menurut dia, perihal reshuffle kabinet hanya diketahui oleh Presiden Jokowi.

“Yang tahu (reshuffle) hanya Presiden. Jawabannya satu, tentang reshuffle yang tahu hanya Presiden. Titik,” ucap Moeldoko, Selasa (20/4/2021).

Sementara itu, menteri berinisial M, Muhammad Lutfi juga mengaku tidak mengetahui informasi reshuffle kabinet. Dia juga tidak mengetahui siapa saja menteri yang akan terpental dan nama baru yang akan masuk di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

“Saya nggak tahu itu. Saya nggak tahu. Maaf ya,” kata Lutfi, Selasa (20/4/2021).

Awas Salah Pilih Menteri!

Direktur Parameter Politik Adi Prayitno mengingatkan pentingnya memilih menteri yang memiliki rekam jejak gemilang. Adi menilai memilih menteri dengan rekam jejak bagus akan menjauhkan tudingan politik akomodasi terhadap pemerintah.

“Kalau menteri yang dilantik sosok tak punya rekam jejak tak bagus, pasti dituding politik akomodasi. Sebaliknya, kalau yang dilantik kerjanya bagus, tentu tudingan itu gugur dengan sendirinya,” kata Adi, Minggu (20/4/2021).

Oleh karena itu, Adi mengingatkan Jokowi agar tidak salah memilih menteri. Menurut dia, pemilihan menteri tidak bisa hanya didasarkan pada balas jasa politik.

Adi menyebut pemerintah Presiden Jokowi sangat mungkin akan ‘mati gaya’ jika salah memilih menteri.

“Harus kelas satu. Tak bisa lagi menteri kemudian hanya balas jasa politik. Periode kedua Jokowi adalah pertaruhan legacy apa yang bisa ditinggalkan Jokowi karena di tengah pandemi ini pemerintah bisa mati gaya kalau salah menteri,” imbuh dia.

To Top