News

Resmi! Jokowi Putuskan Pelonggaran Penggunaan Masker, Boleh Tidak Pakai di Area Terbuka

Pelonggaran Penggunaan Masker

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pelonggaran penggunaan masker di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi lewat pernyataan pers yang diumumkan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Selasa (17/5/2022) petang.

“Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” kata Jokowi seperti disiarkan langsung lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker,” sambungnya.

Sebagai informasi, pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia selama dua tahun terakhir, menggunakan masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Kewajiban menggunakan masker tersebut diterapkan pemerintah pusat sejak April 2020 lalu.

Lihat Juga: Kenali Maskne, Jerawat Akibat Pakai Masker Beserta Cara Mengatasinya

Aturan itu dilaksanakan pemerintah berdasarkan saran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Terbaru, pemerintah disebut mulai menyiapkan skenario penanganan COVID-19 dari pandemi jadi endemi. Salah satunya ialah dengan memperbolehkan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 usai dua tahun terakhir dibatasi.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan secara de facto Indonesia telah masuk ke endemi COVID-19.

Ia mengklaim kondisi tersebut atas dasar data COVID-19 di Tanah Air. Di antaranya angka kasus aktif, tingkat okupansi rumah sakit, positivity rate dan angka kematian yang relatif rendah.

“Sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada,” ucap Muhadjir, Kamis (12/5/2022).

Kata Muhadjir, transisi pandemi ke endemi itu dipertaruhkan usai libur Idul Fitri 2022. Menurut dia, apabila setelah Idul Fitri tak ada peningkatan kasus signifikan, maka COVID-19 di RI akan segera jadi endemi.

Pelonggaran Penggunaan Masker Tak Berlaku di Transportasi Publik

Terkait aturan pelonggaran penggunaan masker, Jokowi menekankan aturan tersebut tidak berlaku untuk kegiatan di dalam ruangan dan transportasi publik.

“Untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transport publik tetap harus gunakan masker,” jelas Jokowi, Selasa (17/5/2022) petang.

Lihat Juga: 5 Panduan Pakai Masker untuk Mencegah Penularan Varian Omicron

Jokowi menjelaskan keputusan pelonggaran penggunaan masker tersebut diambil pemerintah usai memperhatikan kondisi pandemi virus Corona di Indonesia yang makin terkendali.

Selain kegiatan di dalam ruangan dan transportasi publik, masyarakat yang termasuk dalam kategori rentan, lansia maupun memiliki komorbid, disarankan untuk tetap memakai masker saat beraktivitas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top