News

Resmi, Lili Pintauli Ajukan Pengunduran Diri dari Jabatan Wakil Ketua KPK

Lili Pintauli Mengundurkan Diri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerima surat pengunduran diri dari Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Jokowi juga telah meresmikan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Lili.

“Surat pengunduran diri Lili Pintauli Siregar telah diterima oleh Presiden Jokowi. Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres Pemberhentian LPS (Lili Pintauli Siregar),” ucap Stafsus Mensesneg Faldo Maldini kepada awak media, Senin (11/7/2022).

Ia menjelaskan Keppres tersebut diterbitkan karena bagian administrasi sesuai dengan peraturan Undang-Undang.

“Penerbitan Keppres tersebut merupakan prosedur administrasi yang disyaratkan dalam Undang-Undang KPK,” kata Faldo.

Lihat Juga: Berbohong, Lili Pintauli Siregar Didesak Mundur dari Pimpinan KPK

Lili Pintauli Diduga Menerima Fasilitas Nonton MotoGP Mandalika

Diketahui, Lili sudah beberapa kali dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Terbaru, ia diduga mendapatkan fasilitas dan akomodasi menonton ajang MotoGP Mandalika pada Maret 2022 lalu.

Pada laporan tersebut, Lili diduga mendapat tiket MotoGP Mandalika dan penginapan. Dewas KPK juga sudah meminta konfirmasi dari pihak BUMN, yaitu PT Pertamina, untuk membawa dokumen yang berkaitan dengan kasus ini.

Dokumen tersebut di antaranya tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan tempat menginap di Amber Lombok Beach Resort.

Selama menjadi Wakil Ketua KPK, Lili diketahui beberapa kali diadukan ke Dewas. Ia juga sempat dinyatakan bersalah dan mendapat sanksi.

Pada Agustus 2021 lalu misalnya, Lili dinyatakan bersalah oleh Dewas KPK setelah terbukti melanggar kode etik. Ia disebut menyalahgunakan pengaruhnya sebagai pimpinan KPK untuk kepentingan pribadi. Selain itu, dia juga berkomunikasi langsung dengan pihak perkara yaitu Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

Atas perbuatannya tersebut, Lili dihukum oleh Dewas berupa pemotongan gaji sebesar 40% selama 12 bulan.

Lihat Juga: 2 Kesalahan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar Hingga Berujung Sanksi Pemotongan Gaji

Lili Pintauli kemudian dilaporkan ke Dewas karena dugaan menerima gratifikasi berapa tiket nonton MotoGP dan akomodasi dari PT Pertamina (Persero).

Berbekal data, bahan dan informasi yang dikumpulkan lewat proses klarifikasi pada sejumlah pihak, Dewas pun memutuskan untuk membawa kasus ini ke siding etik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top