News

Resmi, Rishi Sunak Jadi PM Inggris Keturunan India Pertama

Rishi Sunak

Rishi Sunak resmi akan menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris. Ia menjadi pemimpin Partai Konservatif setelah pesaing utamanya Penny Mordaunt, keluar dari pemilihan, sebelum suara dari anggota parlemen (MP) diumumkan Senin sore kemarin. Sunak naik menjadi Perdana Menteri menggantikan Liz Truss, yang mengundurkan diri 44 hari setelah menjabat

Namun, mengutip CNBC International, Sunak tidak secara otomatis menjadi PM hari ini. Karena mantan PM sebelumnya, Liz Truss, masih harus menghadap Raja Charles III.

Sunak mendapat tugas besar untuk mengendalikan Inggris yang saat ini terpecah akibat kemerosotan ekonomi hingga membuat jutaan warga Inggris jatuh miskin. Sunak perlu menstabilkan negara yang terhuyung-huyung setelah bertahun-tahun akibat gejolak politik dan ekonomi. Dia juga harus memimpin Partai Konservatif yang sedang retak sejalan dengan ideologi-ideologinya.   

Usai terpilih menjadi perdana menteri, Rishi Sunak menjanjikan stabilitas dan persatuan guna menghadapi badai krisis yang mengguncang Inggris. Penganut agama Hindu ini berbicara kepada publik untuk pertama kalinya. Dia mengatakan Inggris menghadapi tantangan ekonomi yang mendalam.

“Kami sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan. Saya akan menjadikannya prioritas utama untuk menyatukan partai dan negara kami,” katanya.

“Ini soal persatuan atau mati,” kata Sunak di hadapan anggota parlemen Inggris tak lama setelah dia diumumkan memenangkan kursi Perdana Menteri Inggris.

Sunak akan memimpin Inggris menghadapi penurunan terberat dalam beberapa dekade. Inggris saat ini meluncur ke jurang resesi dampak dari kenaikan harga energi dan bahan makanan.  

Di bawah pemerintah Sunak, Inggris diperkirakan akan melakukan pemangkasan anggaran besar – besaran agar bisa membangun kembali reputasi fiskal Inggris. Anggota parlemen dari Partai Konservatif sangat ingin Sunak mengatasi segala tantangan perekonomian Inggris setelah turbulensi politik yang mukul biaya pinjaman dan mendorong naiknya suku bunga hipotek.   

Rishi Sunak Merupakan Keturunan India

Sunak adalah salah satu politikus paling kaya dari Westminster. Dia menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang bukan berasal dari kulit putih. Selain PM Inggris pertama keturunan India, Sunak juga menjadi PM Inggris termuda sejak 1812. Dia juga menjadi anggota parlemen tercepat yang menjadi PM Inggris, yakni dalam 7 tahun.

Sementara dilansir Reuters, Sunak merupakan mantan Menteri Keuangan. Dia menjadi Perdana Menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan. Dia bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun.

Sunak menjadi perhatian nasional ketika, pada usia 39, menjadi Menteri Keuangan di bawah Johnson tepat ketika pandemi COVID-19 melanda Inggris. Dia mengembangkan skema cuti yang berhasil.

Keluarga Sunak bermigrasi ke Inggris pada 1960-an, periode ketika banyak orang dari bekas jajahan Inggris pindah ke negara itu untuk membantunya membangun kembali setelah Perang Dunia Kedua.

Setelah lulus dari Universitas Oxford, dia pergi ke Universitas Stanford di mana dia bertemu dengan istrinya Akshata Murthy, yang ayahnya adalah miliarder India NR Narayana Murthy, pendiri raksasa outsourcing Infosys Ltd.

Rishi Sunak
Kampanye pemilihan PM Inggris

Rishi Sunak Lebih Kaya dari Raja Charles, Hartanya Rp 12,8 Triliun

Sebelum menjadi perdana menteri, Rishi Sunak telah tercatat sebagai salah satu orang terkaya. Kekayaannya itu sempat menjadi sorotan di tengah kondisi ekonomi Inggris yang morat-marit.

Bila digabungkan dengan kekayaan istrinya,Akshata Murty, putri pendiri Infosys NR Narayana Murthy, Rishi Sunak memiliki harta sebesar £ 730 juta atau setara Rp 12,8 triliun. Ia termasuk dalam daftar orang kaya Inggris versi Sunday Times. 

Rishi Sunak berada di peringkat ke-222 orang terkaya di Inggris versi Sunday Times pada Mei lalu. Ini membuatnya menjadi politisi garis depan pertama yang pernah dimasukkan dalam daftar orang terkaya di Inggris.

Perkiraan yang dibuat awal tahun ini mengungkapkan istri Rishi Sunak lebih kaya daripada Ratu Elizabeth II, yang kekayaan pribadinya sekitar 350 juta pound. Ia juga lebih kaya dari Raja Charles yang kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 9 triliun.

Dalam laporannya, Daily Mail pernah mengulas ihwal Rishi Sunak dan Akshata Murty yang menghabiskan dana besar untuk merenovasi rumah mereka yang senilai 7 juta pondsterling, beberap pekan sebelum pemilihan perdana menteri. Dia juga membangun gym dan lapangan tenis. Rishi Sunak memiliki portofolio empat properti yang tersebar di seluruh dunia dan bernilai lebih dari £ 15 juta.

Istrinya, Akshata Murty, pernah menyajikan teh untuk jurnalis dalam cangkir yang harganya masing-masing 38 pound atau sekitar Rp 688.000. Media sosial menganggap terpilihnya Rishi Sunak ironis di tengah melambungnya biaya hidup di Inggris.

Akshata Murty, 42 tahun, hingga kini masih menjadi warga negara India. Ia memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 1,2 miliar yang dinilai berdasarkan sahamnya di Infosys Ltd., perusahaan yang didirikan oleh ayahnya Narayana Murty.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top