News

Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya!

Ricky Yacobi meninggal

Ricky Yacobi yang merupakan legenda tim nasional Indonesia meninggal dunia pada Sabtu, 21 November 2020 di lapangan Senayan Jakarta, saat bermain sepak bola. Kabar duka ini pun juga dibenarkan oleh Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga, Gatos S. Dewa Broto melalu pesan WhatsApp.

Dilihat dari foto yang beredar, Ricky sedang bermain sepakbola bersama pemain asal Medan sebelum tergeletak di lapangan. Beberapa pemain lain juga terlihat memberikan pertolongan pertama sebelum di bawa ke rumah sakit. Namun nyawanya tidak bisa tertolong, ia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mintoharjo. Melalui sejumlah kabar yang didapat, Ricky mengalami serangan jantung ketika bermain bola di salah satu lapangan di GBK bersama rekan-rekannya pagi tadi.

Sekilas Tentang Ricky Yacob

Ricky Yacobi merupakan salah satu striker terbaik yang namanya cukup dikenal pada pertengahan tahun 80-an hingga awal 90-an. Ricky sempat bergabung bersama klub PSMS Medan, selanjutnya ia banyak menghabiskan waktu bermainnya di klub Arseto Solo. Kemudian ia bermain bersma PSIS Semarang hingga pensiun. Namun, sepertinya karier Ricky di klub terlihat kurang maksimal. Karena, ia tidak pernah merasakan menjadi juara di galatama maupun di Liga Indonesia.

Walaupun begitu, kariernya bisa dibilang sangat gemilang kala bergabung bersama Timnas Indonesia. Ia selalu menjadi langganan untuk membela tim nasional Indonesia sejak tahun 1985 hingga 1991. Salah satu pencapaian besarnya adalah ketika mempersembahkan medali emas di ajang SEA Games 1987 kepada Indonesia.
Ricky Yacob dikenal sebagai penyerang andal dalam mencetak gol, ia juga dikenal memiliki pergerakan dan tembakan yang jitu. Apalagi dengan wajahnya yang rupawan, membuatnya sangat disenangi oleh publik saat itu.

Rambut gondrong dengan wajah ganteng menjadi ciri khasnya saat itu. Ia juga kerap disamakan dengan Paul Breitner yang merupakan salah satu pemain asal Jerman. Paul merupakan sah satu pemain yang pernah membawa Jerman menjadi pemenang Piala Dunia 1974.

Ricky Yakcob Atau Ricky Yacobi?

Nama lahir Ricky Yacobi adalah Ricky Yacob, perubahan namanya tersebut terjadi saat ia memulai karier sepakbolanya di Jepang. Publik Indonesia juga mengingat Ricky saat ajang Asian Games 1986 yang diselenggarakan di Korea Selatan. Ketika itu, tim nasional Indonesia melawan Uni Emirat Arab, dan Ricky berhasil mencetak gol melalui tendangan volinya.

Tendangannya pun sempat menarik perhatian, karena bola berhasil ia tendang dengan tepat dan mencetak skor tanpa menyentuh tanah lebih dulu.

Pada tahun 1988, ia sempat membuat Indonesia geger karena berhasil direkrut oleh salah satu klub asal Jepang bernama Matsushita. Selama di Jepang itulah nama Ricky Yacob berubah menjadi Ricky Yacobi.

Sayang, karier sepakbolanya di Negeri Sakura itu kurang berjalan sempurna. Iahanya mengikuti empat pertandingan dan hanya mampu mencetak 1 gol saja. Akhirnya, ia pun kembali lagi ke Indonesia, setelah merumput bersama Matsushita yang kini berganti nama menjadi Gamba Osaka.

Sepulangnya ke Indonesia, nama Ricky Yakobi pun terus dipertahankannya hingga sampai saat ini. Setelah memutuskan untuk pensiun, ia memilih untuk bergabung di jalur kepelatihan. Ia membuka sebuag Sekolah Sepakbola yang berada di GBK. Jenazah pria kelahiran Medan 57 tahun lalu ini rencananya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir selepas Ashar nanti

To Top