News

Riwayat Kerusuhan di Babarsari Sejak 2007 hingga Kini Kembali Memanas

Kerusuhan di Babarsari

Kerusuhan kembali pecah di Kawasan Babarsari, Sleman, Yogyakarta, Senin (4/7/2022). Kejadian ini pun menambah daftar Riwayat kerusuhan di Babarsari.

Bahkan, peristiwa ini menjadi trending topic Twitter dengan berbagai gambar dan video yang memperlihatkan suasana di sekitar tempat kejadian. Lalu sejak kapan kerusuhan di Kawasan ini dimulai?

Daftar Kerusuhan di Babarsari

1. Kerusuhan Antar Mahasiswa (2007)

Bentrok antar mahasiswa pernah terjadi di Kawasan ini pada Jumat (29/6/2007) siang. Kejadian tersebut melibatkan dua kelompok mahasiswa asal perguruan tinggi swasta yang sama-sama berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Salah satu kelompok mahasiswa tiba-tiba menyerang mahasiswa lain di sebuah tempat klos yang berada di Tambakbayan, Babarsari. Akibatnya, tiga orang dilaporkan mengalami luka bacok.

Lihat Juga: Yogyakarta, Kota Eksotis yang selalu Dirindu

2. Kerusuhan Warga dan Mahasiswa Asal Timor Leste (2012)

Kerusuhan juga terjadi pada Selasa, (8/5/2012) yang melibatkan warga sekitar Babarsari (BBC) dengan sekelompok mahasiswa asal Timor Leste. Hal ini berawal saat mahasiswa menolak membayar parkir di depan Café Internet Illuzion. Mahasiswa itu kemudian terlibat cekcok dengan petugas parkir.

Karena emosi, mahasiswa itu kembali ke asramanya. Tidak lama kemudian, pemuda tersebut kembali ke lokasi bersama teman-temannya sambil membawa parang. Karena terpancing emosi, mahasiswa itu membacok tukang parkir yang kala itu sedang berjaga.

Warga yang mengetahui peristiwa itu pun tidak terima dan melakukan sweeping ke asrama mahasiswa. Namun, tersangka tidak ditemukan di asramanya. Hingga pada pukul 01.00 dini hari, puluhan pemuda asal Timor itu menyerang rumah warga. Sejumlah rumah dilempari batu dan beberapa kendaraan dirusak.

Pada malam itu juga, di lokasi sekitar kericuhan, terjadi pembacokan dua orang pemuda dan pemudi di daerah Selokan, Mataram. Dari kerusuhan tersebut, dua orang dilaporkan tewas dan satu luka-luka. Tidak hanya itu, sebuah ATM di depan Sekolah Tinggi YKPN, dibobol dan dirusak.

3. Tawuran Kelompok Papua dan Ambon (2018)

Kerusuhan di Babarsari terjadi lagi pada 2018. Dua kelompok massa asal Papua dan Ambon terlibat kericuhan pada Rabu (12/9/2018).

Tawuran berawal saat terjadi keributan di salah satu kafe yang berada di Jl.Perumnas Seturan, Caturtunggal, Depok, Rabu (12/9/2018), sekitar pukul 02.30 WIB. Akibatnya, satu orang asal Papua mengalami luka-luka.

Sekelompok massa asal Papua lalu turun ke jalan dengan membawa senjata tajam, kayu dan besi. Mereka berjalan dari Puluhdadi, Condongcatur, Depok hingga Babarsari, untuk mencari pelaku yang melukai temannya. Aksi ini mendapat pengawalan petugas polisi.]

Tidak ingin kerusuhan semakin parah, kedua kelompok tersebut lalu dikumpulkan. Polisi berupaya memediasi dan akhirnya disepakati untuk berdamai.

Lihat Juga: Spot Cantik untuk Beburu Sunset di Yogyakarta

4. Ojol vs Debt Collector (2020)

Suasana kembali memanas setelah terjadi bentrokan antara massa ojek online (ojol) dengan sejumlah pria yang diduga sebagai debt collector (DC). Peristiwanya terjadi di kantor Grab Yogyakarta, Ruko Casa Grande Maguwoharjo, Kamis (5/3/2020).

Kejadiannya bermula saat salah satu pengemudi ojol berinisial LA, melihat temannya yang berpakaian ojol dihentikan oleh dua orang yang mengaku sebagai debt collector. Ia kemudian berusaha melerai dan meminta temannya yang motornya akan ditarik DC untuk pergi lebih dulu.

Ketika itu seorang DC menghubungi teman-temannya dan begitu tiba di lokasi mereka langsung menghajar LA. Imbas penganiayaan tersebut, pada Rabu (4/3/2020), puluhan pengemudi ojol menggeruduk kantor milik pada DC.

Tidak mau kalah, sekelompok DC juga mendatangi Kantor Grab pada keesokan harinya, (Kamis (6/3/2020). Kedua pihak akhirnya saling lempar batu di lokasi itu.

5. Peristiwa Penusukan (2021)

Seorang berinisial AA menjadi korban penusukan di Kawasan Babarsari pada Kamis (23/12/2021) pagi. Korban dilaporkan mengalami luka pada bagian perut dan langsung dibawa ke RSPAU Hardjolukito.

Kejadiannya berawal saat korban berada di kompleks kantor Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Babarsari. Menurut keterangan saksi, Ketika itu korban memasuki kompleks kantor lewat sela-sela pagar di sisi utara pos keamanan.

Korban ternyata tidak sendiri, ia dikejar oleh orang lain di belakangnya, serta satu orang yang mengikutinya dan diketahui adalah teman korban. Dua orang yang mengejarnya tersebut adalah pelaku penusukan dan mereka langsung melarikan diri dari lokasi.

Lihat Juga: Viral Keributan Karyawan Mie Gacoan vs Ojol Di Yogyakarta

6. Kerusuhan di Babarsari (2022)

Kerusuhan di Babarsari kembali pecah. Kali ini lokasinya di tempat karaoke dan terjadi pada Sabtu (2/7/2022) 03.00 WIB dini hari. Akibatnya, lima orang terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kapolres Sleman AKBP Achmad Imam Rifai, mengkonfirmasi kejadian itu. Namun, Imam mengaku belum bisa memastikan penyebab keributan tersebut. Tetapi, menurut informasi yang ia dapat, sempat terjadi adu mulut dari kedua pihak yang terlibat keributan. Kerusakan juga terlihat di lokasi kejadian.

Itulah Riwayat kerusuhan di Babarsari. Untuk itu, masyarakat yang berkegiatan di kawasan Babarsari dihimbau untuk berhati-hati karena kondisi yang masih memanas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top