News

Rocky Gerung : Pembubaran FPI Konstruksi Hukumnya Enggak Jelas, Memang Dicari-cari Aja

Konstruksi Hukumnya Enggak Jelas, Memang Dicari-cari Aja

Pembubaran ormas Front Pembela Islam( FPI) oleh pemerintah dinilai rancu dari sisi konstruksi hukum. Alasannya, bila ditemui faktor pidana dari anggota FPI hingga tidak sepatutnya organisasinya yang malah dibubarkan.

Begitu di informasikan pengamat politik Rocky Gerung dikala berbincang dengan Wartawan Senior Hersubeno Arief dalam kanal Youtube Rocky Gerung Official, dilansir Sabtu( 2/ 1).

” Kita berangkat pada konstruksi hukumnya. Yang dilarang tentu merupakan kejahatan, jika kebaikan gimana dilarang? hukumnya bilang begitu. Jadi, UU senantiasa melarang yang kurang baik. Saat ini jika yang kurang baik merupakan FPI melaksanakan kekerasan, hingga ia dilarang. Yang dilarang merupakan perbuatan kekerasannya bukan FPI- nya yang dilarang,” kata Rocky Gerung.

” Jadi, anggota FPI- nya dibawa ke majelis hukum bukan FPI- nya yang dibubarin,” imbuhnya menegaskan.

Bagi Rocky, atas dasar konstruksi yang rancu itu hingga jadi normal apabila masyarakat negeri hendak bertanya kepada pemerintah tentang pembubaran FPI tersebut. Karena, kata ia, pembubaran FPI memanglah terkesan mengada- ada.

” Jika pemerintah melarang FPI orang bertanya, apa yang dilarang? Yang dapat dilarang itu merupakan aksi, bukan benak, benak itu enggak dapat dilarang,” ucapnya.

” Jadi, konsepnya enggak jelas, bukan enggak jelas, memanglah dicari- cari aja itu,” sambung Filsuf asal UI itu.

Terlebih, masih kaya Rocky, status hukum FPI telah dicabut semenjak 2019 kemudian. Lalu, dia merasa heran dengan konteks pembubaran FPI yang diartikan Pemerintah lewat menghasilkan Pesan Keputusan Bersama( SKB).

Baca Juga : Rocky Gerung Siap Jadi Menteri Jokowi, Ini Syarat yang Diberikan

” Ya jika statua hukumnya telah dicabut 2019, kan mengapa dilarang lagi? Ini kan yang mesti dibatalkan status hukum. Jadi sekali lagi, dari segi konsep itu udah kacaw. Jika ingin melarang ya larang perbuatan yang kurang baik itu,” demikian Rocky Gerung

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top