News

Roy Suryo Laporkan Eko Kunthadi-Mazdjo Pray Atas Pencemaran Nama Baik

Roy Suryo Laporkan Eko Kunthadi-Mazdjo Pray Atas Pencemaran Nama Baik

Roy Suryo resmi melaporkan Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray yang ia sebut sebagai buzzer ke Polda Metro Jaya. Kedua dilaporkan atas pencemaran nama baik melalui Undang Undang ITE.

“Apa yang membuat saya harus melapor? Isinya sama sekali tak mendidik untuk rakyat Indonesia. Isinya sama sekali tak memberikan citra yang baik bagi para Youtuber maupun para pegiat sosial sebab isinya dipenuhi caci maki dan fitnah,” ujar Roy, Jumat (4/6/2021).

Sebelumnya, Roy menyebut mereka dengan buzzer, namun kini Roy secara jelas menyebut nama keduanya.

“Yang paling menarik nama terlapornya telah ditulis. Jadi bukan lagi dalam penyelidikan. Penyidik telah menyimpulkan nama terlapornya. Jadi bukan lagi dalam penyelidikan, nama terlapornya jelas Eko Kuntadhi dan Mazdjo Pray. Itu jelas tertulis nama terlapornya,” kata Roy.

Mantan Menpora itu juga menambahkan, baik Eko maupun Mazdjito dinilai menyebarkan fitnah terhadap dirinya melalui konten di chanel YouTube keduanya.

Tanggapan Dari Eko Kunthadi

Menanggapi pelaporan tersebut, Eko Kunthadi menuturkan jika konten tersebut hanya candaan.

“Ya kan jika dari konten saya konten bercanda ya. Namun kan menanggapi konten bercanda tersebut berlebihan atau tidak ya saya tidak bisa katakan apa-apa. Kontennya bercanda, materi bercanda,” kata Eko Kunthadi seperti dikutip dari laman detikcom, Senin (7/6/2021).

Lihat Juga: Roy Suryo : Tangkap Dosen UGM Bagas Pujilaksono!, Provokasi Berujung Teror Seminar UGM

Sebelumnya, Roy Suryo juga telah membuat laporan terhadap Lucky Alamsyah ke Polda Metro Jaya. Lucky atas pencemaran nama baik dan menyebar fitnah melalui UU ITE terkait peristiwa serempetan mobil di jalan. Perkara tersebut kini telah naik ke penyelidikan, Roy juga sudah dimintai keterangan pada Rabu (2/6/2021) sebagai pelapor.

Permintaan Maaf Mazdjo Pray Kepada Roy Suryo

Terkait konten YouTube-nya yang dinilai bermuatan penghinaan, Mazdjo Pray meminta maaf kepada Roy Suryo dan mengaku siap untuk mediasi.

“Kalau komunikasi langsung belum. Tetapi kalau statement Mas Eko dan saya itu sama mulai dari teman-teman media bertanya ya kita meminta maaf jika memang tidak berkenan kita meminta maaf. Jika memang tak berkenan kita minta maaf yang selebar-lebarnya,” ujar Mazdjo Pray, Senin (7/6/2021).

Sementara itu, Pitra Romadoni sebagai pengacara Roy Suryo mengatakan kemungkinan untuk mediasi sangatlah kecil.

“Kalau dari Mas Roy Suryo sendiri sagat jauh sekali kemungkinan bermediasi. Jika kita bertanya Roy Suryo sendiri ya,” tutur Pitra.

Menurut Pitra, pihaknya sudah mengetahui adanya permohonan maaf dari Eko Kuntadhi atau Mazdjo Pray. Keduanya memang mengatakan konten YouTube-nya hanya bercanda. Namun, Putra menuturkan pihaknya menanggapinya secara berbeda. Ia mengatakan konten itu sudah masuk kategori penghinaan terhadap kliennya.

Selain itu, pihaknya juga akan menunggu arahan dari pihak kepolisian dalam penyelesaian perkara tersebut. Tetapi ia dengan tegas mengatakan kliennya tetap menginginkan perkara tersebut diselesaikan secara hukum.

“Iya melalui jalur hukum (penyelesaian perkara dengan Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray). Namun tetap Roy Suryo menyerahkannya ke polisi,” ucap Pitra.

To Top