News

Roy Suryo Tersangka Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Roy Suryo Tersangka Penistaan Agama

Roy Suryo tersangka atas kasus meme stupa Candi Borobudur yang disebut mirip dengan gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti diketahui, kasus ini menjadi polemik saat foto stupa Candi Borobudur mirip Jokowi diposting Roy Suryo lewat akun Twitter miliknya, @KMRTRoySuryo2. Berbagai pihak kemudian melaporkan Roy atas unggahannya itu.

Roy Suryo Lebih Dulu Melapor ke Polisi

Awalnya, Roy lebih dulu melapor ke polisi setelah unggahan meme patung Buddha di Candi Borobudur itu menjadi polemik. Ia melaporkan tiga akun media sosial karena dinilai mengunggah ‘pertama kali’ meme tersebut.

“Iya yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama. Yang diketahui oleh kami ada tiga akun,” ujar kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, kepada awak media, Kamis (16/6/2022).

Roy kemudian resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 20 Juni 2022. Ia dilaporkan atas unggahan meme Candi Borobudur yang dinilai melecehkan umat Buddha.

“Jadi hari ini kami mewakili umat Buddha melaporkan terkait dugaan tindak pidana UU ITE terkait masalah simbol agama. Terlapor ini telah mengunggah satu unggahan Candi Borobudur,” ucap pelapor, Herna Sutana, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Lihat Juga: Roy Suryo Laporkan Eko Kunthadi-Mazdjo Pray Atas Pencemaran Nama Baik

Dia dilaporkan terkait dugaan pelanggaran UU ITE dan penistaan agama Buddha. Selain itu ke Polda Metro Jaya, Roy Suryo juga dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Laporan atas Roy Suryo di Bareskrim Polri tersebut dilayangkan oleh organisasi umat Buddha, Dharmapala Nusantara. Mantan Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) itu dilaporkan terkait tudingan ujaran kebencian bernada SARA.

Roy Suryo Tersangka Penistaan Agama

Hingga akhrinya, Polda Metro Jaya menetapkan Roy Suryo tersangka dalam kasus meme Stupa Borobudur. Ia dianggap melanggar pasal penistaan agama dan ujaran kebecian bermuatan SARA.

“Hari ini betul Polda Metro Jaya dalam hal ini Subdit Siber Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap Saudara Roy Suryo dengan status pemeriksaan sebagai tersangka,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Zulpan mengatakan penetapan tersangka tersebut mendasari laporan polisi terkait nama pelapor Kurniawan Santoso dan Kevin Wu. Berdasarkan hasil penyelidikan pada kedua laporan itu, polisi lalu menaikkan status perkara menjadi tahap penyidikan.

Setelah polisi menetapkan Roy Suryo tersangka, ia masih diperiksa oleh petugas. Diketahui, Roy menjalani pemeriksaan sebagai tersangka sejak pukul 10.30 WIB dan hingga pukul 18.30 WIB masih belum selesai

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top