News

Ruhut Sitompul Dipolisikan Buntut Unggah Foto Anies Baswedan Berpakaian Adat Papua

Ruhut Sitompul

Politikus PDIP Ruhut Sitompul angkat bicara terkait unggahan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menggunakan pakaian adat Papua.

Dia mengaku maksud unggahannya itu adalah untuk menyindir sikap Anies yang kerap mengenakan pakaian adat daerah yang sedang dikunjungi. Menurutnya, hal tersebut dilakukan oleh Anies demi dianggap sebagai orang Indonesia asli.

Ruhut mengaku tak ada niat menghina. Ia juga mengatakan foto Anies yang diunggahnya itu tak mengandung unsur penghinaan.

"Kok jadi penghinaan? Enggak ada penghinaan, tapi mereka suka menghina," kata Ruhut mengutip CNNIndonesia, Kamis (12/5/2022).

Ia mengaku mendapatkan foto itu dari media sosial kemudian mengunggahnya kembali lewat akun Twitter pribadinya.

Sebelumnya, postingan Ruhut Sitompul berupa foto Gubernur DKI Jakarta mengenakan pakaian adat Papua menjadi pembicaraan di media sosial.

Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Natalius Pigai, pun mempertanyakan maksud unggahan Ruhut itu.

Kata Natalius, bila foto yang diunggah itu adalah hasil editan, maka bisa jadi ada unsur penghinaan. Tetapi, Natalius tidak mau menyimpulkan.

"Apakah itu benar foto Pak Anies atau bukan? Kalau editan atau diedit maka ada makna blasphemy (atau) penghinaan," tuturnya.

Sedangkan pakar telematika Roy Suryo memastikan foto yang diunggah Ruhut Situmpul itu adalah hasil editan.

"Lagi-lagi ini hoax. Foto editan diposting Ruhut lagi," tulis Roy di akun Twitter-nya.

Ruhut Sitompul Dilaporkan ke Polisi

Akibat unggahannya itu, Ruhut dilaporkan ke polisi atas tuduhan pelanggan UU ITE terkait SARA. Ia dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Rabu (11/5/2022) oleh Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan alias Mega.

Postingan Ruhut dianggap menimbulkan kebencian antar-ras, suku dan golongan.

Lihat Juga: Dituding Andi Arief Ingin Gulingkan Moeldoko, Ruhut Sitompul: Tukang Nyabu!

"Pelapor selaku pemuda Papua, melaporkan akun @ruhutsitompul ke Polda Metro Jaya, laporannya masih diteliti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Kamis (12/5).

Zulpan menyebut pelapor merasa tersinggung dengan unggahan Ruhut tersebut. Unggahan meme Anies Baswedan menggunakan baju adat Suku Dani itu dinilai rasialis.

Sementara kuasa hukum Petrodus Mega MS Keliduan, Sanggam Indra Permana Sianipar, menuturkan unggahan Ruhut Sitompul tersebut bisa menimbulkan kebencian atar-suku dan ras tertentu. Ia juga menilai unggahan Ruhut hanya akan menciptakan stigma buruk bagi orang Papua.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top