News

Ruki : Cukup Dua Orang Hebat Meminimalkan Korupsi – Ini Orang Hebat Tersebut

orang hebat memberantas korupsi

Isu pemberantasan korupsi kerap kali menjadi barang dagangan saat momen pemilihan presiden. Rencana pemberantasan korupsi hingga ke akarnya hanya digembar-gemborkan saat masa kampanye.

“Jujur saya mengikuti beberapa presiden. Pemberantasan korupsi seolah-olah konsusmi saat pilres, tapi bagaimana sesudahnya? Itu menujukkan bahwa komitmennya tidak strong,” jelas mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki dalam konferensi pers di Gedung KPK Jakarta (7/7).

Menurut dia, Indonesia cukup memiliki dua orang hebat untuk bisa meminimalkan korupsi.

“Orang hebat yang pertama, siapapun juga orangnya yang menjabat sebagai Presiden RI. Kapolri gak perlu hebat-hebat amat, jaksa agung gak perlu hebat-hebat amat. Kalau gak hebat ganti aja, itu hak prerogatif presiden, menteri juga. Yang penting mereka punya integritas dan kompetensi yang bagus,” kata Ruki.

Orang hebat kedua ialah ketua Mahkamah Agung (MA). Dalam posisinya, jelas Ruki, Ketua MA tidak mungkin mengintervensi kasus demi kasus.

Tapi kebijakannya sebagai ketua MA sangat mengikat para hakim. Hakim tentu memberi putusan berdasarkan pembuktian di persidangan tapi arahannya sudah cukup jelas.

“Bayangkan dalam kasus tipikor secara sah dan meyakinkan tapi hukumannya hanya 1 tahun, itu kan namanya tidak punya komitmen. Jadi ini saatnya presiden, ketua MA menunjukkan komitmennya yang kuat dalam pemberantasan korupsi,” kata Ruki.

Jika komitmen itu terus dijaga, Ruki yakin kasus korupsi akan rampung pada 2019.

“Insya Allah sampai 2019 selesai korupsi ini, kalau benar ayo kita dukung kembali,” Tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top